Kompas TV video cerita indonesia

Ternyata Napi Narkoba yang Kabur Sudah Rencanakan Sejak 6 Bulan yang Lalu

Kompas.tv - 21 September 2020, 21:49 WIB
Penulis : Laura Elvina

JAKARTA, KOMPAS.TV - Polda Metro Jaya tengah melakukan penyelidikan terkait kaburnya seseorang narapidana bandar narkoba, Cai Changpan dari Lembaga Pemasyarakatan (lapas) Kelas 1 Kota Tangerang.

Setelah melakukan pemeriksaan beberapa napi lain, diketahui ternyata Cai Changpan diduga sudah merencanakan pelariannya sejak enam bulan lalu.

"Ada indikasi dari keterangan awal teman yang bersangkutan, kalau dia sudah melakukan (perencanaan kabur) lima hingga enam bulan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus kepada wartawan, Senin (21/09/2020).

Yusri menjelaskan, proses pelarian napi bandar narkoba itu menggunakan alat-alat yang diambil dari tempat pembangunan dapur di dalam lapas. Saat ini barang-barang berupa alat galian itu telah disita polisi.

"Alatnya sudah kita sita. Ini masih kita melakukan penyelidikan bersama sesuai dengan izin kepala lapas. Apakah ada keterlibatan lain nanti kita lihat seperti apa," kata Yusri.

Sebelumnya, Cai Changpan alias Cai Ji Fan kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Kota Tangerang. Kepala Lapas Kelas I Tangerang Jumadi mengatakan, Cai Changpan kabur dengan membuat jalur tikus di gorong-gorong Lapas.

Namun, Jumadi tidak menceritakan waktu kronologi narapidana yang diketahui merupakan bandar narkoba asal China tersebut. "Info yang lengkap langsung ke Humas Ditjen PAS," kata dia.

Baca Juga: Napi WNA Terpidana Mati Kabur, Komisi III DPR: Kalapas Lalai dan Harus Tanggung Jawab!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x