Kompas TV video cerita indonesia

Bangunan Kuno Kolonial Belanda Diubah jadi Galeri

Kompas.tv - 18 September 2020, 15:20 WIB
Penulis : Theo Reza

PANGKALPINANG, KOMPASTV - Gedung Tins galeri yang terletak di jalan Jendral Sudirman, Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung ini merupakan bangunan eks rumah dinas asisten residen pemerintahan pada kolonial Belanda yang telah lama terbengkalai.

Sejak direncanakan tahun 2018 lalu, gedung ini pun di alih fungsikan menjadi tempat untuk memamerkan serta mempromosikan produk UMKM khas Bangka Belitung yang  diresmikan pada kamis (17/9/2020) siang

Saat masuk ke dalam galeri ini, pengunjung disambut dengan kisah dan sejarah bangunan kuno ini yang tertulis rapi di dinding.

Setelah tiba di dalam, Pengunjung disuguhkan dengan ragam kerajinan tangan maupun produk makanan asal Bangka Belitung

Mulai dari Pewter atau kerajinan miniatur yang terbuat dari timah, kerajinan kain tenun  yang langsung ditenun di dalam Tins galeri ini serta beberapa produk UMKM lainnya.

Peresmian gedung ini yang juga menjadi hadiah dari PT Timah untuk kota Pangkal Pinang karena bertepatan dengan hari ulang tahun kota Pangkal Pinang ke 263.

Galeri ini juga diharapkan dapat memikat daya tarik para eksportir dan bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata cagar budaya di Bangka Belitung.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x