Kompas TV video cerita indonesia

Seberapa Indonesiakah Diaspora Indonesia? - Indonesia Milik Kita (Bag 3)

Kompas.tv - 17 Agustus 2020, 11:52 WIB
Penulis : Yudho Priambodo

Seberapa Indonesiakah Diaspora Indonesia?

Warga Indonesia tidak hanya yang berada di Indonesia saja, namun kiga tersebar di mancanegara yang disebut juga diaspora. Berbeda dengan warga Indonesia yang tinggal di tanah air, para diaspora ini tinggal di negara yang berbeda budaya dan bahasa dengan Indonesia. Akibatnya seringkali ke-Indonesia-an mereka menjadi sorotan?

Lea, Melting Pot Community Junior melakukan bincang-bincang dengan Sawung Jabo yang menjadi salah satu diaspora Indonesia. Sawung Jabo yang kerap dipanggil Cak Jabo, musisi terkenal Indonesia yang tergabung dalam Kantata Takwa dan Swami bersama Iwan Fals dan Naniel tinggal di Sydney dan beristrikan seorang perempuan Australia. 

Banyak orang merasa paling Indonesia. Sikap merasa paling Indonesia ini, kemudian diikuti  sikap sewenang-wenang terhadap terhadap anak bangsa lainnya yang dianggap sekedar pendatang di negeri tercinta ini.

Fenomena ini menimbulkan keresahan tersendiri, termasuk di kalangan remaja yang merupakan pewaris Indonesia di masa depan. Arundhati, Melting Pot Community Junior berbincang bersama Tiara Andini, Runner Up Indonesia Idol 2020 mengenai Indonesia milik siapa sih? Dan kalau merasa Indonesia sikap apa yang harus dimiliki remaja Indonesia.  Ini linknya. Jangan lupa like dan subscribe yah  




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x