Kompas TV travel jelajah indonesia

Keindahan Nusa Lembongan dan Keunikan Gua Gala Gala

Kompas.tv - 2 Juli 2020, 13:25 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Siapa yang tak tahu tentang pulau satu ini. Pamornya telah mendunia. Tak hanya turis lokal, turis mancanegara pun betah berlama lama di Bali. Keindahan seperti Tanah Lot, Pantai Kuta, Kintamani, Pantai Sanur dan masih banyak lagi.

Bagaimana dengan Nusa Lembongan? Sudah pernah kesana?

Nusa Lembongan adalah sebuah pulau kecil yang terletak di bagian tenggara Pulau Bali. Untuk kesana, butuh menggunakan kapal lagi. Karena Nusa Lembongan berada di luar Pulau Bali.

Lain memang kalau dibandingkan dengan Pantai Kuta. Tapi Nusa Lembongan punya daya tarik yang unik, dan kalau kamu menginginkan ketenangan, disinilah tempatnya.

Ngomong-ngomong soal unik, disini ada sebuah gua yang menarik untuk di jelajahi. Gua ini merupakan rumah di bawah tanah, tempat ini benama gua gala-gala. Dibangun karena inspirasi dari kisah keluarga pandawa dalam epos mahabarata. 

Dimana keluarga pandawa harus mengungsi ke tengah hutan dan membuat persembunyian berupa gua atau rumah bawah tanah. Untuk merampungkan gua ini, Mangku Byasa membutuhkan waktu 15 tahun. Dan hebatnya lagi di gua gala-gala juga terdapat ruang tidur, dapur, ruang tamu, ruang makan, dan pada bagian tertentu ada sejumlah pahatan pada dinding ruangan yang berbetuk gajah

Tak lupa, Nusa Lembongan juga mempunyai hutan mangrove yang luasnya hampir sepertiga luas pulau kecil. Lain dari hutan mangrove di tempat lain, disini kamu membutuhkan kapal untuk menjelajahinya.

Jika kamu suka diving, kamu bisa menyelam di sekitar Sampalan. Pemandangan di bawah laut ini sungguh sangat mengagumkan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x