Kompas TV tekno aplikasi

Rekomendasi Aplikasi Deteksi Gempa untuk Android dan IOS

Kompas.tv - 21 November 2022, 20:12 WIB
rekomendasi-aplikasi-deteksi-gempa-untuk-android-dan-ios
Dampak gempa bumi M5,6 di Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022). Terdapat sejumlah aplikasi deteksi gempa yang bisa digunakan untuk langkah siaga menghadapi bencana gempa bumi. (Sumber: BNPB)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia merupakan salah satu negara rawan gempa karena terletak di kawasan "ring of fire". Terbaru, gempa berkekuatan M5,6 mengguncang Cianjur, Jawa Barat, pada Senin (21/11/2022).

Sebagai penghuni kawasan rentan gempa, alat deteksi gempa jadi fitur penting. Untungnya, kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan manusia melacak gempa via ponsel saja.

Beberapa pengembang membagikan aplikasi peringatan gempa secara gratis. Masing-masing dapat diunduh via Playstore maupun IOS.

Baca Juga: Gempa Guncang Cianjur, BNPB Imbau Warga Bikin Alat Peringatan Sederhana dari Kaleng Bekas

Berikut tiga rekomendasi aplikasi deteksi gempa untuk Anda.

1. Info BMKG

Tangkapan layar aplikasi pelacak gempa Info BMKG (Sumber: Grid.id)

Aplikasi pengingat gempa ini dikelola secara resmi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Dengan menggunakan aplikasi Info BMKG, Anda bisa mendapat update peringatan gempa bumi, cuaca dan informasi iklim lainnya..

Terkhusus peringatan gempa, aplikasi Info BMKG termasuk salah satu penyedia informasi yang cukup rinci. Anda bahkan bisa mengetahui jarak pusat gempa bumi dengan lokasi aktual.

2. Disaster Alert

Tangkapan layar aplikasi deteksi gempa Disaster Alert (Sumber: Grid.id)

Aplikasi besutan Pasific Disaster Center (PDC) di Hawai ini menyajikan peta bencana alam. Dalam hal ini, Disaster Alert menampilkan lokasi gempa secara real time.

Tak hanya itu, tampilan informasi bencana juga mencakup tsunami, gunung meletus, badai dan longsor, serta banjir.

3. My Earthquake Alerts Feed

Tangkapan layar aplikasi pelacak gempa My Earthquake Alerts Feed (Sumber: Grid.id)

Rekomendasi berikutnya yakni My Earthquake Alerts Feed. Aplikasi ini menampilkan informasi gempa dari seluruh dunia, selain juga menambahkan informasi riwayat gempa di suatu wilayah.

Baca Juga: Sikapi Gempa Cianjur, BNPB akan Bikin Posko dan Bawa Logistik untuk Pengungsi

Demikian rekomendasi aplikasi deteksi gempa. Sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana, ada baiknya Anda menginstal salah satu aplikasi tadi.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x