Kompas TV tekno internet

Segini Rata-Rata Kuota Internet yang Dihabiskan Orang Indonesia Per Bulan selama Pandemi

Kompas.tv - 9 Agustus 2021, 13:30 WIB
segini-rata-rata-kuota-internet-yang-dihabiskan-orang-indonesia-per-bulan-selama-pandemi
Ilustrasi data di internet (Sumber: Shutterstock)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selama pandemi Covid-19 masyarakat Indonesia sangat tergantung dengan komunikasi virtual, yang sudah pasti  memerlukan penggunaan paket.

Lalu, berapa kira-kira kuota atau paket internet yang dihabiskan masyarakat Indonesia perbuannya?

OpenSignal, perusahaan riset jaringan mobile, merilis laporan terbaru tentang penggunaan internet seluler masyarakat global, termasuk Indonesia.

Dalam laporan bertajuk Quantifying the Impact of 5G and Covid-19 on Mobile Data Consumption itu menunjukan bahwa orang Indonesia menghabiskan rata-rata kuota internet seluler sebesar 14,4 GB per bulan selama periode Januari-Maret 2021.

Angka tersebut meningkat signifikan bila dibandingkan dengan periode yang sama di dua tahun sebelumnya, Januari-Maret 2020, yang mencapai 11,8 GB per bulan.

Sementara periode yang sama pada 2019, masyarakat Indonesia hanya menghabiskan 8,5 GB per bulan.

Peningkatan tersebut menyusul ketergantungan masyarakat Indonesia dengan koneksi internet, terlebih di masa pandemi Covid-19. Mewajibkan segala aktivitas dilakukan dari jarak jauh dengan bantuan komunikasi internet.

Baca Juga: 7 Langkah Mudah Cara Hemat Kuota Internet saat Zoom Meeting

Pesatnya pengunaan internet tersebut berpengaruh pada kecepatan mengunduh. Pada laporan lain, Mobile Download Speed Recovery Stories Vary in Markets Around the World, OpenSignal menganalisis kecepatan jaringan seluler secara global.

Laporan tersebut menyebut Indonesia jadi negera yang mengalami peningkatan dalam hal kecepatan mengunduh.

"Jika kami membandingkan Januari hingga Juni 2021 dengan periode pra-pandemi pada Januari hingga awal Maret 2020, kecepatan pengunduhan seluler rata-rata telah meningkat untuk banyak pasar di seluruh dunia," tulis OpenSignal dalam laporannya, dikutip pada Senin (9/8/2021).

OpenSignal memberi perbandingan, "kecepatannya naik setidaknya 19,2% setiap minggu, sementara di Jerman kecepatannya naik setidaknya 22,9%," sambung laporan itu.

Secara keseluruhan, rata-rata kecepatan mengunduh (download) pengguna seluler di Tanah Air diklaim terus meningkat sekitar 19,2 persen setiap minggunya.

Baca Juga: Kecepatan Internet Global Dirilis, Ini Daftar Teratas Kota di Indonesia yang Terkencang!




Sumber : Kompas TV/OpenSignal


BERITA LAINNYA



Close Ads x