Kompas TV tekno aplikasi

Teknologi Baru Google, Ukur Detak Jantung dan Laju Pernapasan Menggunakan Kamera Ponsel

Kompas.tv - 5 Februari 2021, 13:38 WIB
teknologi-baru-google-ukur-detak-jantung-dan-laju-pernapasan-menggunakan-kamera-ponsel
Ilustrasi data yang dikumpulkan oleh aplikasi Google Fit. (Sumber: blog.google)
Penulis : Danang Suryo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Google mengumumkan teknologi terbarunya yang dapat mengukur detak jantung dan laju pernapasan hanya dengan menggunakan kamera ponsel, Kamis (04/02/2021) melalui laman situsnya.

Fitur tersebut akan tersedia di aplikasi Google Fit dan mulai dapat dipakai pada Maret 2021. Namun, untuk sementara fitur ini hanya dapat digunakan oleh ponsel Pixel buatan Google.

“Mulai bulan depan, Google Fit akan memungkinkan Anda mengukur detak jantung dan pernapasan hanya dengan menggunakan kamera ponsel Anda. Fitur ini akan tersedia di aplikasi Google Fit untuk ponsel Pixel,” tulis Shwetak Patel, direktur teknologi kesehatan Google.

Google juga merencanakan akan memperluas dukungan fitur ini untuk berbagai perangkat Android lain.

Shwetak menjelaskan fitur tersebut mengandalkan sensor yang terdapat dalam perangkat smartphone seperti mikrofon, kamera, dan sensor akselerometer.

Baca Juga: Viral Penampakan Wajah Menangis di Google Maps, Netizen Gempar

“Berkat sensor yang semakin kuat, fitur ini memungkinkan Anda menggunakan kamera smartphone Anda untuk melacak sinyal fisik kecil pada tingkat piksel - seperti gerakan dada untuk mengukur laju pernapasan Anda dan perubahan halus pada warna jari Anda untuk detak jantung Anda,” tulisnya.

Pengguna hanya perlu menempatkan kepala dan tubuh bagian atas di depan kamera untuk mengukur laju pernapasan.

Sedangkan untuk mengukur detak jantung, pengguna cukup meletakkan jari mereka pada lensa kamera yang menghadap ke belakang.

Selain dapat mengukur detak jantung dan pernapasan, Google Fit menampilkan target harian, target mingguan, poin jantung, latihan terbaru, dan data tidur pengguna.

Baca Juga: Pelaku Startup Bersiaplah, Google akan Beri Pelatihan Virtual Secara Gratis!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x