Kompas TV TALKSHOW rosi

Ekonom Senior: Krisis 1998 Bisa Dihindarkan Jika Menteri Keuangannya Kredibel | ROSI

Kompas.tv - 30 Maret 2024, 22:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebelumnya di Program ROSI, Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla mengatakan jangan sampai terulang kembali krisis ekonomi bercampur krisis politik seperti yang terjadi di tahun 1998. Ekonom Senior/Gubernur BI periode 1993-1998 Profesor Soedradjad Djiwandono menanggapi bahwa jika kita tidak berhati-hati, situasi tersebut bisa terjadi. 

Namun, menurut Prof. Soedradjad kekhawatiran ini bisa dihindarkan jika orang-orang yang mengisi kabinet haruslah sosok yang memadai di bidangnya. Khususnya, kandidat yang kredibel dan punya integritas untuk mengisi posisi menteri keuangan. 

Saat ini kita memiliki Menteri Keuangan Sri Mulyani yang memiliki rekam jejak baik, akankah ada sosok pengganti yang sama mumpuninya di kabinet Prabowo-Gibran mendatang? Prof. Soedradjad mengatakan ada sosok yang memenuhi kriteria tersebut. Ia berharap sosok itu harus lebih baik dari Sri Mulyani. Namun, ia belum mau mengungkapkan secara gamblang namanya. 

Di sisi lain, Prof. Dradjad mengungkapkan opininya soal Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang telah bekerja dengan baik,bukan dokter atau memiliki latar belakang dari dunia kesehatan. Diketahui, Budi berlatar belakang sebagai bankir. 

Sosok semacam Budi Gunadi Sadikin dinilai layak untuk kembali mengisi kabinet, sebab kinerjanya telah teruji dibandingkan dengan sosok lain yang belum diketahui rekam jejaknya.  

Selengkapnya simak wawancara Rosianna Silalahi bersama Soedradjad Djiwandono di kanal youtube KompasTV. 

 

Link: https://www.youtube.com/watch?v=ih4sxGDK1Y8&t=2s 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x