Kompas TV TALKSHOW satu meja

Melihat Hasil Quick Count Hari Ini, Litbang Kompas: Hasilnya Relatif Stabil | SATU MEJA

Kompas.tv - 14 Februari 2024, 23:50 WIB
Penulis : Leiza Sixmansyah

KOMPAS.TV - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sendiri menggelar proses pemungutan suara pada hari ini, Rabu, 14 Februari 2024. Sebanyak 204,8 juta masyarakat Indonesia telah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk memberikan hak suara. Pemilu 2024 ini akan menentukan presiden, wakil presiden, dan anggota legislatif untuk 5 tahun ke depan.

Quick count memberikan gambaran dan akurasi yang lebih tinggi karena didasarkan pada hasil pemilu langsung dari TPS target. Jadi, bukan dari persepsi atau pengakuan responden semata. Tujuan dan manfaat quick count adalah memberikan data pembanding yang dapat digunakan untuk mendeteksi kemungkinan kecurangan pada proses tabulasi suara.

Hasil Quick Count Pilpres 2024 dari Litbang Kompas hingga pukul 15:32 menunjukkan pasangan calon Presiden dan calon Wakil Presiden dari kubu 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka unggul dengan raihan suara 59,87%.

Sementara di posisi berikutnya, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar membututi dengan perolehan suara 22,80%, dan terakhir ada pasangan Ganjar Pranowo serta Mahfud MD dengan suara sebanyak 17,33%. Sejauh ini suara yang masuk sudah mencapai 50,05%.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x