Kompas TV TALKSHOW rosi

204 Juta Data Bocor, Apa Tanggung Jawab KPU? | ROSI

Kompas.tv - 9 Desember 2023, 20:30 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua KPU Hasyim Asy’ari menegaskan dalam UU Pemilu, metode pemungutan suara dilakukan dengan pencoblosan surat suara secara manual. Kemudian penghitungan suara juga dilakukan secara manual melalui rekapitulasi berjenjang dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat. Inilah yang kemudian dianggap legal. 

Terkait 204 juta data pemilih tetap bocor yang dibobol hacker, Hasyim mengatakan telah bekerja sama dengan berbagai lembaga yang kompeten di bidang IT. Sejumlah perbaikan terus dilakukan setelah mengetahui titik-titik kelemahannya. 

Sebagai pemangku data pemilih, Hasyim Asy’ari mengatakan bertanggung jawab atas kebocoran ini. Namun saat ini KPU masih berkoordinasi dengan berbagai pihak seperti kepolisian hingga Badan Siber dan Sandi Nasional (BSSN) untuk menentukan langkah tepat menyikapi kondisi tersebut. Sejumlah langkah strategis tengah disiapkan sebelum disampaikan hasilnya kepada publik. 

Simak dialog Rosianna Silalahi bersama Ketua KPU Hasyim Asy’ari. Saksikan dalam ROSI eps. Gaduh KPU, dari Data Bocor hingga Ubah Debat Cawapres di kanal youtube KompasTV.


Link: https://youtu.be/WPvs2Unk7rM 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.