Kompas TV TALKSHOW b-talk

Begini Penjelasan BNPB Soal Status Cuaca Panas dan Kemarau Saat Ini | B-Talk

Kompas.tv - 6 Oktober 2023, 19:01 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Berasa ga sih kalau sekarang cuacanya lebih panas? Yes betul, dibandingkan dengan biasanya memang suhu atau cuaca di Indonesia khususnya di Jakarta lebih panas dibanding biasanya.

Namun di beberapa daerah dampaknya bisa sampai terjadi bencana kekeringan, kita bicara di pulau Jawa saja dulu, data dari BNPB menyebut sejumlah bencana kekeringan tersebar di seluruh pulau Jawa. Pada tahun 2018 dan 2019 sempat tinggi angkanya dengan 130 dan 123 bencana, kemudian menurun di 2020 sampai 2022, tetapi di 2023 hingga kini sudah ada 49 bencana yang terhitung, naik drastis dari tahun sebelumnya.

Bicara mengenai kekeringan yang disebabkan cuaca panas yang bisa dibilang cukup ekstrem tentu berdampak pada sejumlah titik pencaharian warga. Sawah dan kebun salah duanya, pada bulan Agustus kemarin luas sawah dan kebun yang terdampak kekeringan mencapai 980 hektar dan 22 hektar. Bayangkan kalau hal ini terus terjadi, kerugian masyarakat untuk memanen bisa terus bertambah sampai akhir tahun nanti.

 

Saksikan tayangan lengkapnya di link berikut :

https://youtu.be/aS0D_D-E9QI?si=tffEuHBvkzhIHfas 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x