Kompas TV TALKSHOW b-talk

Tanggapan Kemenaker Soal Susah Cari Kerja Karena Skor Kredit Buruk | B-Talk

Kompas.tv - 7 September 2023, 21:45 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Apa yang terjadi ketika manusia…anak muda… hanya fokus pada ambisi? Kejujuran menjadi hal remeh temeh. Ingat kan? Akhir tahun lalu, sosial media menyilaukan mata kita semua, karena betebaran sultan dadakan.

Pengin punya tas bermerek, demi diterima dalam pergaulan, apa caranyaaaa??? Pinjol cair, bisa bayar atau enggak? Urusan belakangan.

Menurut data, yang paling banyak menerima pinjaman online terlihat ada pada usia 19-34 tahun dengan jumlah rekening sampai 10,9 juta dan nilainya sampai 26.87 triliun rupiah, bener nih usia produktif? Produktif pinjol kali yang dimaksud?

“kecelakaan” industri keuangan adalah ketika, tingkat pemahaman lebih rendah ketimbang akses atau putaran uangnya. Data SNKI.go.id mengatakan, literasi alias melek keuangan di indonesia, indeksnya 49,7 persen.

Tapi… inklusi atau kedalamannya 85,1 persen, sederhananya, misal anda investasi senilai 100 miliar, tapi pemahaman investasi dari skor 1 sampai 10, cuma ada di level 4. Apa yang terjadi? Anda nggak punya pengendalian diri, nggak bisa memanage risiko yang menghadang. Sama dengan pinjol juga, bisa pinjam, ngga bisa bayar. 

 

Simak tayangan selengkapnya di link berikut ini : https://youtu.be/ZJ5Lgcfm3jg?si=c9Wox6Usy2Mwsvvo   



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x