Kompas TV TALKSHOW b-talk

[FULL] Bikin Industri Bola Lebih "Jebret" Pasca-Laga Indonesia vs Argentina| BTALK

Kompas.tv - 22 Juni 2023, 02:02 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Sebanyak 20 ribu tiket Indonesia vs Argentina ludes cuma dalam waktu 9 menit pada hari pertama penjualan dan 60 ribu tiket sold out di hari akhir penjualan, wooww! Kebayang kan gimana antusiasme penggemar sepak bola di indonesia?

Menurut lembaga penyelidikan ekonomi dan masyarakat fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Indonesia lagaIndonesia versus Argentina berpotensi menciptakan tambahan perputaran uang sebesar hampir 1 triliun rupiah.

Dari aspek ekonomi potensi dampak positif dari laga tersebut dapat melampaui biaya yang dikeluarkan untuk mendatangkan timnas Argentina yang disebut sebut sebesar 75 Miliar rupiah.

Lantas bagaimana dengan industri klub sepak bola di dunia? Menurut data dari Forbes dalam laporan bertajuk Worlds Most Valuable Soccer team tahun 2023, Real Madrid menempati posisi teratas dengan nilai valuasi sekitar 90,75 triliun rupiah. Sedangkan di Indonesia menurut data dari bola dot net tahun 2022/ nilai pasar termahal dipegang oleh PersijaJakarta dengan nilai sebesar 111,76 miliar rupiah.

Sejatinya perputaran uang dari bisnis sepak bola sangat menggiurkan, tapi realisasinya tentu akan bergantung dengan realitas di lapangan/ termasuk bagaimana otoritas sepak bola di negeri ini menampilkan pertandingan yang berkualitas.

 

 

 

#argentina #indonesiavsargentina #bola



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x