Kompas TV TALKSHOW b-talk

Apindo : Ada Yang Salah Pada Sistem Pendidikan Kita (1) - BTALK

Kompas.tv - 3 Agustus 2022, 13:53 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Berdasarkan Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas), angka pengangguran dari lulusan universitas di Indonesia hampir menyentuh angka 10%. Apa yang menjadi sebab angka pengangguran lulusan universitas ini tinggi? Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Dita Indah Sari mengatakan bahwa lulusan universitas tidak siap karena tidak memiliki keahlian khusus.

Hal ini lantas diamini oleh Ketua Bidang Ketenagakerjaan APINDO, Anton Supit yang juga mengatakan bahwa ada yang salah pada sistem pendidikan di Indonesia.

“Kalau saya mencontoh pendidikan di negara lain, setelah lulus SMP ada pilihan, apakah mau mencari keahlian khusus sehingga mencari pendidikan vokasi, atau mau menjadi scientist sehingga bisa memilih masuk ke sekolah umum”, ujarnya dalam program B-Talk di KompasTV.

Lantas bagaimana pola yang harus diterapkan pada sistem pendidikan di Indonesia? Dan bagaimana pula menjawab data yang menyebut bahwa kenaikan biaya pendidikan tidak sebanding dengan kenaikan penghasilan per tahunnya?

Saksikan program B-Talk dalam episode” Biaya Pendidikan Ngebut, Gaji Orangtua Kalah Gesit” bersama Jurnalis KompasTV Mysister Tarigan bagian pertama.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x