Kompas TV TALKSHOW b-talk

Sandiaga Uno : Ekonomi Kreatif Harus Punya HKI! (1) - BTALK

Kompas.tv - 27 Juli 2022, 15:46 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Pemerintah baru-baru ini mengungkapkan bahwa konten YouTube bisa dijadikan jaminan guna mengajukan pinjaman ke bank. Aturan soal ini tercantum dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 Tahun 2022 tentang Ekonomi Kreatif.

Selain konten YouTube, musik, lagu, dan film juga termasuk salah satu karya ekonomi kreatif yang juga bisa dijadikan jaminan untuk mengajukan pinjaman ke bank.

Namun tidak semua konten di Youtube dapat dijadikan agunan atau jaminan pinjaman dari lembaga keuangan, baik bank ataupun nonbank. Pemilik usaha kreatif harus memenuhi sejumlah syarat, salah satunya memiliki sertifikat Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Namun pemilik usaha ekonomi kreatif masih sedikit yang sadar untuk mendaftarkan HKI.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menuturkan bahwa pemilik industri kreatif harus memiliki HKI. “Tujuannya untuk melindungi hasil karya mereka dan penting bagi pelaku industri kreatif untuk paham HKI karena bisa jadi jaminan di lembaga bank ataupun nonbank”.

Ia juga mengharapkan pemerintah daerah untuk mendukung infrastruktur kreatif dan mengembangkan kreativitas di level kabupaten / kota dengan sistem integrasi berbasis data.

Saksikan B-Talk dalam episode “Konten Buat Utang, Gampang atau Janji Doang”, Selasa 26 Juli 2022 bagian pertama.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x