Kompas TV saintek sains

Jonathan, Si Kura-Kura Tertua di Dunia yang Sekarang Berusia 191 Tahun

Kompas.tv - 7 Desember 2023, 12:05 WIB
jonathan-si-kura-kura-tertua-di-dunia-yang-sekarang-berusia-191-tahun
Jonathan, kura-kura darat tertua di dunia yang saat ini telah berusia 191 tahun. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

SAINT HELENA, KOMPAS.TV - Jonathan, si kura-kura tertua di dunia saat ini telah menginjak usia 191 tahun di tahun 2023.

Jonathan, yang merupakan jenis kura-kura raksasa Seychelles, tinggal di Residence Gubernur di Saint Helena, sebuah pulau di Atlantik Selatan.

Meskipun tidak ada catatan resmi kelahirannya, Jonathan diperkirakan lahir sekitar tahun 1832.

Dilansir dari Live Science, Jonathan diketahui ditemukan di Kepulauan Seychelles dan kemudian dihadiahkan kepada Gubernur Kepulauan Saint Helena, William Grey-Wilson, pada tahun 1882.

Berdasarkan sejumlah foto yang didokumentasikan sekitar tahun 1882-1886, terlihat Jonathan sedang merumput di taman tempat tinggal William Grey-Wilson.

Saat itu, Jonathan diperkirakan sudah berusia 50 tahun atau bahkan bisa lebih tua lagi.

Pada tahun 2022 lalu, Nigel Phillips, Gubernur Saint Helena memberikan tanggal ulang tahun resmi kepada Jonathan yakni 4 Desember 1832.

Dengan usianya yang telah mencapai 191 tahun, Jonathan sekarang memegang Guinness World Records (GWR) sebagai hewan darat tertua yang masih hidup.

Selain itu, Jonathan juga memegang rekor dunia sebagai chelonian tertua, sebuah ordo yang dikenal memiliki cangkang luar yang keras seperti kura-kura air tawar, kura-kura darat, dan terrapin.

Jonathan mengeklaim gelar hewan darat tertua yang masih hidup pada tahun 2021 dari Tu'i Malila (1777–1965), seekor kura-kura radiata yang hidup setidaknya hingga 188 tahun.

Meskipun Jonathan buta karena katarak dan kehilangan indra penciumannya, dokter hewan di Saint Helena, Joe Hollins, mengatakan dia tetap dalam keadaan sehat – dengan libido yang kuat dan nafsu makan yang sehat.

Baca Juga: Awas Jangan Sampai Datang ke Rumah, Berikut 8 Hewan Berbahaya yang Sering Muncul di Musim Hujan



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.