Kompas TV saintek sains

Jam Berapa Gerhana Matahari Cincin Hari Ini? Indonesia Bisa Saksikan di Link Ini

Kompas.tv - 14 Oktober 2023, 14:42 WIB
jam-berapa-gerhana-matahari-cincin-hari-ini-indonesia-bisa-saksikan-di-link-ini
Ilustrasi gerhana Matahari cincin yang akan terjadi pada 14-15 Oktober 2023. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Sabtu (14/10/2023), akan ada fenomena gerhana Matahari cincin. Simak jam berapa gerhana Matahari cincin akan terjadi dan link live streaming.

Gerhana Matahari cincin terjadi ketika Bumi, Bulan, dan Matahari berada di satu garis sejajar. Bayangan Bulan akan jatuh di bumi sehingga menutupi penampakan Matahari.

Ukuran Bulan yang tampak kecil dari Bumi membuat cahaya Matahari masih terlihat hingga menyerupai cincin.

Fenomena ini dapat disaksikan di Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan atau di jalur sepanjang 125 mil yang membentang dari Oregon hingga Texas.

Baca Juga: Mengenal Gerhana Matahari Cincin 14 Oktober 2023, Berlangsung Berapa Lama?

Dengan demikian, gerhana Matahari cincin tak dapat disaksikan dari Indonesia. Namun demikian, jangan khawatir karena Anda masih dapat menyaksikan fenomena ini secara langsung melalui link live streaming yang disediakan oleh sejumlah observatorium.

Jam Berapa Gerhana Matahari Cincin?

TimeandDate.com melaporkan bahwa gerhana akan dimulai pada pukul 15.03 UTC atau 22.03 WIB di lokasi pertama. Adapun, gerhana penuh akan terjadi pada 16.10 UTC atau 23.10 WIB.

NASA mencatat, fenomena gerhana Matahari Cincin akan berlangsung dari Sabtu (14/10) hingga Minggu (15/10). Gerhana akan dimulai pada pukul 11.30 am hingga 1.15 pm EDT atau mulai pukul 22.30 WIB hingga 00.15 WIB.

Gerhana Matahari cincin dapat berlangsung selama lebih dari tiga jam di lokasi yang dapat menyaksikannya. Adapun, durasi total gerhana dapat berlangsung lebih dari 6 jam, tetapi tidak di satu titik.

Annularitas terjadi ketika hanya cincin api terlihat di langit, yang berkisar antara kurang dari 1 detik hingga lebih dari 12 menit

Space.com juga mencatat bahwa titik gerhana terbesar, di mana masyarakat dapat menyaksikan cincin api berlangsung lama, akan terjadi di lepas pantai Nikaragua dan Kosta Rika, yakni selama 5 menit 17 detik.

Baca Juga: Besok 14-15 Oktober 2023 Ada Gerhana Matahari Cincin, Apakah Bisa Dilihat di Indonesia?

Link Live Streaming Gerhana Matahari Cincin

Melansir Forbes, ada beberapa kanal YouTube dari sumber terpercaya, seperti dari astronom dan observatorium, yang akan menayangkan live streaming gerhana Matahari cincin. Berikut link-nya:

1. Time and Date

2. NASA TV

3. Observatorium Lowell

4. Slooh

5. Exploratorium



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x