Kompas TV saintek teknologi

Cara Bikin Spotify N Gen untuk Tampilkan 10 Musik Favorit

Kompas.tv - 21 Juni 2023, 08:09 WIB
cara-bikin-spotify-n-gen-untuk-tampilkan-10-musik-favorit
Aplikasi streaming musik Spotify. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Banyak video yang dibuat oleh pengguna Spotify memperlihatkan Spotify N Gen, tren ini dimulai dari platform TikTok hingga akhirnya menjadi viral.

Dalam video-video tersebut berisi tulisan “My Spotify N Gen” dan gambar daftar musik atau lagu favorit.

Salah satu video di bawah ini bisa Anda simak sebagai contoh. Berikut adalah unggahan Tiktok dari akun dengan handle @lttlegemiinii

Pada video tersebut menampilkan tulisan “My Spotify N Gen”, kemudian disusul dengan gambar daftar musik atau lagu favorit. Selain contoh di atas, masih banyak lagi pengguna yang membuat video Spotify N Gen di TikTok.

Lantas, bagaimana cara membuat Spotify N Gen seperti yang banyak dibagikan pengguna di Tiktok? Diketahui dalam beberapa unggahan yang ada, Spotify N Gen dibuat menggunakan website ngenart.com.

Baca Juga: Cara Memutar Lagu di Spotify Melalui Browser, Gak Perlu Ribet Install Aplikasi

Hampir mirip dengan beberapa website yang sempat ramai yang juga membuat daftar musik favorit seperti Icebergify dan Receiptify, website ngenart.com menyediakan layanan Spotify N Gen yang dipakai untuk membuat daftar 10 musik favorit atau yang sering diputar pengguna pada rentang waktu tertentu, dengan desain cukup menarik. 

Bila Anda tertarik untuk mengikuti tren ini, berikut adalah cara membuat Spotify N Gen. 

Cara membuat Spotify N Gen

  • Kunjungi link Spotify N Gen ini https://ngenart.com/.
  • Setelah itu, pilih opsi “Create with Spotify” dan klik opsi “Top Ten”.
  • Kemudian, login akun Spotify di website tersebut dengan memasukkan username dan password.
  • Pengguna bakal dimintai izin akses data publik atas akun Spotify miliknya oleh website ngenart.com.
  • Setelah diizinkan dan berhasil login, pengguna bakal disajikan dengan beberapa pilihan pembuatan daftar musik favorit.
  • Pengguna bisa memilih ingin membuat daftar dari musik favorit yang didengarkan sebulan terakhir, enam bulan terakhir, atau sepanjang waktu.
  • Setelah memilih data musik favorit, pengguna juga bisa mengatur warna latar belakang dan jenis teks pada gambar.
  • Terakhir, pengguna bakal disajikan dengan daftar 10 musik favorit sesuai pengaturan tadi.

Setelah selesai dibuat, Anda bisa menyimpan Spotify N Gen milik Anda sendiri. Kemudian dari bahan yang sudah ada bisa mengeditnya di aplikasi edit video atau langsung di aplikasi TikTok, dengan menambahkan satu foto lagi dan tulisan “My Spotify N Gen”. Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan Anda. Mudah bukan? 

Sebagai informasi tambahan, Spotify N Gen dalam membuat gambar 10 musik favorit dikembangan memakai Web API dari Spotify (Spotify API). 

Sedangkan Spotify API sendiri merupakan program perangkat lunak yang berfungsi sebagai jembatan permintaan atau perintah pengguna di layar aplikasi dengan server Spotify.

Melalui program perangkat lunak tersebut, data pengguna yang diambil oleh perangkat ketiga seperti ngenart.com yang merupakan layanan eksternal (di luar Spotify) berasal dari data pengguna langsung yang berasal dari server atau database Spotify. 

Baca Juga: Playlist Mudik Anti Ngantuk, Dijamin Manjur Coba Saja, Plus Cara Bikin di Spotify-Youtube

Dalam hal ini, layanan SPotify N Gen yang berbasis Spotify API ini, bisa mengambil data pengguna perlu mendapatkan izin atau otoritas dari pengguna. Karena hal inilah, pengguna akan diminta terlebih dahulu untuk memasukkan akun spotify sebagai bentuk otoritas layanan. 

Beberapa data yang bisa diakses oleh Spotify N Gen setelah diberi akses berupa username Spotify, nama pengguna (ID) Spotify pengguna, foto profil, jumlah pengikut, playlist publik milik pengguna, dan daftar musik yang sering diputar.

Jika ingin menghentikan akses ke Spotify N Gen pada akun, pengguna dapat mengunjungi situs ini https://www.spotify.com/id/account/ untuk mengakses pengaturan akun Spotify. Setelah masuk ke situs tersebut, pilih opsi "Aplikasi". 

Terakhir, temukan layanan "N-Gen-Art" yang telah disetujui, dan klik opsi "Hapus Akses". Demikianlah penjelasan tentang metode untuk membuat Spotify N Gen yang sedang populer di TikTok, semoga berhasil dalam mencobanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x