Kompas TV religi beranda islami

Amalan Bulan Ramadhan

Kompas.tv - 28 April 2020, 23:06 WIB
amalan-bulan-ramadhan
Amalan utama yang biasa dilakukan di bulan ramadhan salah satunya adalah membaca Al Quran (gambar ilustrasi) (foto: agung pribadi)
Penulis : Agung Pribadi

Seperti banyak diketahui umat Islam ada beberapa amalan yang dapat dikerjakan di bulan suci ramadhan, namun diantara amalan itu ada pula amalan yang lebih utama untuk dilakukan di bulan mulia ini, salah satunya adalah membaca Al Quran.

Karena ramadhan adalah bulan Al Quran sedangkan Al Quran itu sendiri diturunkan pada bulan ramadhan, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman,

Syahru Ramadhan al-ladzii unzila fihil Qur'an 

"Bulan Ramadhan adalah bulan yang didalamnya diturunkan Al-Qur'an.” (Al Baqarah 185 )

Allah tidak memilih sembarang bulan untuk menurunkan Al Quran, oleh karenanya malaikat Jibril tidak datang kecuali di bulan ramadhan selama sebulan penuh untuk mengajarkan kepada Nabi shallallahu alaihi wa sallam, Al Quran.

Bahkan sebelum Nabi wafat malaikat Jibril juga datang untuk mengajarkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam hingga khatam Al Quran sebanyak dua kali selama ramadhan.

Maka itu perbanyaklah membaca Al Quran. Ada pendapat ulama yang menganjurkan bila hari-hari kita dipenuhi oleh kesibukan agar menyicil membaca Al Quran, sehingga cara ini dapat meringankan kita mengkhatamkan membaca Al Quran.

Caranya adalah sebelum shalat fardhu kita dapat membaca Al Quran sebanyak satu lembar, kemudian setelah shalat fardhu baca lagi satu lembar, dengan demikian dalam satu hari kita bisa mendapat bacaan sebanyak satu juz (10 lembar sebanyak 20 halaman), cara ini dinilai lebih mudah, jika dibanding membaca langsung sebanyak satu juz.

Mengutip ucapan di dalam kajian Ustadz Firanda Andirja di channel Rodja TV yang mengatakan,  "Wahai ikhwan, kita tidak mungkin mendapat kebahagiaan kecuali dengan membaca Al Quran."

Perkataan tersebut sangat relevan karena orang yang membaca atau mendengarkan Al Quran yang dibacakan akan mendapatkan ketenangan jiwa. Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah dari rumah-rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka sakinah (ketenangan jiwa), mereka akan diliputi rahmat, mereka akan dilingkupi para malaikat dan Allah akan menyebut-nyebut mereka dihadapan para malaikat yang dimuliakan di sisi-Nya” (HR. Muslim no. 2699).

Menarik bukan? Yuk kita amalkan

  

 Wallahu a'lam bish shawab




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x