Kompas TV religi beranda islami

Taat Kepada Orang Tua - Din Syamsudin

Kompas.tv - 25 April 2020, 03:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Salah satu ajaran Islam yang penting adalah berbuat baik kepada orang tua. Bersikap taat dan patuh pada orang tua maupun orang-orang yang kita tuakan maupun orang-orang yang berusia lebih dari kita yang juga berjasa kepada kita untuk mendidik kita. Kita juga diajarkan untuk menaati orang tua baik orang tua biologis maupun orang tua sosiologis.


.
Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata; “Seorang laki-laki datang kepa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam sambil berkata; “Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak aku berbakti kepadanya?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa lagi?” Beliau menjawab: “Ibumu.” Dia bertanya lagi; “Kemudian siapa?” Beliau menjawab: “Kemudian ayahmu.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu, mengatakan:

– – « » . « » . « » .

“Aku bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Amal apakah yang paling dicintai oleh Allah ‘azza wa jalla?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, ‘Shalat pada waktunya’. Lalu aku bertanya, ‘Kemudian apa lagi?’ Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Kemudian berbakti kepada kedua orang tua.’ Lalu aku mengatakan, ‘Kemudian apa lagi?’ Lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam mengatakan, ‘Berjihad di jalan Allah’.”



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x