Kompas TV religi beranda islami

Inilah 2 Sifat yang Dicintai Allah

Kompas.tv - 5 Maret 2020, 20:50 WIB
inilah-2-sifat-yang-dicintai-allah
Dua sifat yang dicintai oleh Allah yaitu sabar dan tidak tergesa-gesa. (gambar ilustrasi) (foto: agung pribadi)
Penulis : Agung Pribadi

Dari Ibnu ‘Abbas, beliau berkata bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda pada Asyaj ‘Abdul Qois,

 “Sesungguhnya dalam dirimu terdapat dua sifat yang dicintai oleh Allah, yaitu sabar dan tidak tergesa-gesa.” (Diriwayatkan oleh Bukhari dalam Adabul Mufrod no. 586. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih)

Maksudnya Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memuji dihadapannya (dibolehkan selama orang tsb tidak tertipu oleh pujian menjadi jauh dari rendah hati, sombong) sifat Al Hilm adalah tidak cepat marah artinya ia sabar dan menahan diri, ketika ada sesuatu yang membuat emosinya naik ia selalu berusaha mengendalikan emosinya.

Sedangkan Al ‘Anah adalah berhati-hati dalam menghadapi permasalahan dan tidak tergesa-gesa. Seseorang tidaklah mengambil sebuah permasalahan dengan zhahirnya belaka, lalu dia pun dengan tergesa-gesa menghukumi permasalahan tersebut sebelum dia menelitinya dengan lebih lanjut.

Selalu berusaha untuk selalu cross cek terlebih dahulu. karena bila diiringi sifat ketergesa-gesaan akan membuat segala sesuatu menjadi rusak, selain itu sifat tergesa-gesa adalah berasal dari setan yang memaksa kita untuk terburu-buru pada sesuatu.  Waspadailah sifat yang jelek ini yaitu tergesa-gesa karena sifat ini sebenarnya berasal dari was-was setan.

Dari Anas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

 “Sifat perlahan-lahan (sabar) berasal dari Allah. Sedangkan sifat ingin tergesa-gesa itu berasal dari setan.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Ya’la dalam musnadnya dan Baihaqi dalam Sunanul Qubro. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shoghir mengatakan bahwa hadits ini hasan)

Imam al-Manawiy dalam Syarh al-Jami’ al-Shaghir menjelaskan, bahwa tergesa-gesa dilarang karena hal itu akan mendatangkan was-was. Ketergesa-gesaan juga menghalangi keteguhan dan pemikiran matang. Al-Manawiy menambahkan bahwa tergesa-gesa itu sebenarnya adalah trik syaitan untuk menggoda manusia agar menjadi orang yang ragu dan kosong pikirannya.

Parameter lain ketergesa-gesaan ini sebagai contohnya adalah bila kita ingin mendapatkan suatu hasil yang cepat tanpa menginginkan prosesnya. Maka berhati-hatilah jika kita memiliki sifat jelek ini.

hal ini juga menuntut kita agar sabar dalam menggapai sesuatu.

Semoga Allah selalu memberikan hidayah dan petunjukNYA

Wallahu a’lam bish-shawab



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x