Kompas TV religi beranda islami

Salat Idulfitri 1445 H, Masjid Sheikh Zayed Solo Siap Tampung 15.000 Jemaah

Kompas.tv - 9 April 2024, 19:35 WIB
salat-idulfitri-1445-h-masjid-sheikh-zayed-solo-siap-tampung-15-000-jemaah
Masjid Syeikh Zayed, Solo, Jawa Tengah selalu dipadati pengunjung pada akhir pekan, puncaknya pada waktu salat zuhur hingga waktu salat maghrib, Minggu (2/7/2023). (Sumber: Kompas TV/Nadia Intan F.)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Masjid Sheikh Zayed Solo, yang dibangun oleh PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dan merupakan hibah dari pemerintah Uni Emirat Arab untuk Indonesia, siap menyambut jemaah salat Idulfitri 1445 Hijriah besok, Rabu (10/4/2024). 

Masjid megah ini memiliki kapasitas untuk menampung hingga 15.000 jemaah.

Bagus Sigit Setiawan, Wakil Direktur Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, menyatakan bahwa salat Idul Fitri di Masjid Sheikh Zayed akan dimulai pukul 06.30 WIB. Dia juga mengimbau kepada jemaah untuk datang lebih awal agar dapat mendapatkan tempat di shaf-shaf yang telah disiapkan dengan baik, daripada harus berada di taman atau tempat lain yang mungkin kurang nyaman. 

Sigit menambahkan bahwa imam untuk salat Idul Fitri tahun ini di Masjid Sheikh Zayed adalah KH Agus Ma'arif, sementara khatibnya adalah KH Abdul Karim Ahmad Al-Hafidz. Sedangkan untuk bilal, akan diemban oleh qori senior KH Ma'shum Ahmad Kamal.

Baca Juga: Antisipasi Tawuran Malam Takbiran, Polres Metro Jakarta Utara Lakukan Pengamanan

Ermy Puspa Yunita, SVP Corporate Secretary Waskita Karya, menjelaskan bahwa masjid Sheikh Zayed Solo, yang dibangun oleh Waskita, telah diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo bersama Presiden Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan sejak November 2022 lalu.

“Waskita menyelesaikan pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo selama 17 bulan terhitung sejak bulan Mei 2021 sampai dengan Oktober 2022. Kini masjid yang dirancang mirip dengan Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, telah menjadi ikon baru yang memikat hati warga setempat serta pengunjung dari berbagai penjuru,” ucap Ermy dikutip dari Kontan, Selasa (9/4). 

Selama Ramadhan 1445 Hijriah, masjid yang memiliki luas bangunan 8.400 m2 ini menyediakan 7.000-10.000 porsi takjil dan makan besar untuk buka puasa. Selain itu, pengurus masjid melibatkan sekitar 80 UMKM di Solo untuk pembuatan takjil dan 22 katering yang telah memiliki sertifikat untuk makanan besar.

Masjid Zayed Solo disebut bisa menampung 10-15 ribu jemaah. Sigit mengatakan, salat Idul Fitri di Masjid Zayed akan dimulai sekitar pukul 06.30 WIB.

Bagi jemaah yang membawa kendaraan pribadi, bisa parkir di Jalan Mentawai 1 dan 2, juga di area bekas tenda takjil dan iftar. Meski demikian, Sigit mengimbau jemaah tidak membawa kendaraan pribadi.

Jemaah juga diimbau sebaiknya tidak menggunakan kendaraan pribadi agar bisa menghemat ruang parkir dan tidak menyebabkan kemacetan.

Baca Juga: SPKLU Tersedia di Semua Rest Area Jalur Mudik Tol Trans Sumatera-Jawa


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x