Kompas TV religi beranda islami

Besok Pagi Din Syamsudin Jadi Khatib Salat Idulfitri di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta

Kompas.tv - 9 April 2024, 20:00 WIB
besok-pagi-din-syamsudin-jadi-khatib-salat-idulfitri-di-masjid-gedhe-kauman-yogyakarta
Prof Din Syamsudin, mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, akan menjadi khatib. (Sumber: X)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Salat Idulfitri di Masjid Gedhe Kauman Yogyakarta akan diselenggarakan pada Rabu (10/4/24) pagi.

Azman Latif, Ketua Takmir Masjid Gedhe Kauman, mengungkapkan Prof Din Syamsudin, mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, akan menjadi khatib.

"Beliau sudah menyatakan kesediaannya untuk menjadi khatib salat ied fitri di Pelataran Masjid Gedhe Kauman," katanya, Selasa (9/4/24).

Seiring dengan keputusan ini, jemaah Salat Idulfitri dan Iduladha yang biasanya berkumpul di Alun-alun Utara, akan dialihkan ke pelataran Masjid Gedhe Kauman. 

Baca Juga: Layani Pemudik, PLN Siagakan SPKLU di Seluruh Indonesia

"Untuk warga Kauman dan sekitarnya, pelataran masjid bisa menampung lebih kurang 3 ribu jemaah," tandas Azman dikutip dari Tribun News.

Penyelenggaraan salat Idulfitri di Masjid Gedhe Kauman didasarkan pada Hisab Hakiki Wujudul Hilal yang ditetapkan oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sesuai dengan Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024 mengenai Penetapan Hasil Hisab, Syawal, dan Zulhijah 1445 H, bulan pada saat Matahari terbenam tanggal 9 April 2024 M di Yogyakarta (-07° 48′ LS dan 2 = 110° 21′ BT) berada di ketinggian +06° 08′ 28″ (hilal sudah wujud), dan di wilayah Indonesia, bulan juga terlihat di atas ufuk saat Matahari terbenam.

Sementara itu, pemerintah sudah menetapkan 1 Syawal jatuh pada Rabu (10/4/2024). 

Baca Juga: 11 Korban Kecelakaan Maut di Tol Jakarta-Cikampek Teridentifikasi


 



Sumber : Kompas TV, Tribun News


BERITA LAINNYA



Close Ads x