Kompas TV religi beranda islami

Doa Sebelum Perjalanan Jauh Mudik Lebaran 2024 Agar Selamat sampai Tujuan

Kompas.tv - 4 April 2024, 18:07 WIB
doa-sebelum-perjalanan-jauh-mudik-lebaran-2024-agar-selamat-sampai-tujuan
Ilustrasi mudik (Sumber: hubdat.dephub.go.id)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Raya Idulfitri 2024 semakin dekat, masyarakat di Indonesia mulai melakukan mudik atau pulang ke kampung halaman.

Dalam melakukan mudik, umat Islam disunahkan untuk membaca doa sebelum melakukan perjalanan.

Selain itu, doa dari orang yang sedang dalam perjalanan termasuk salah satu doa yang mustajab. Rasulullah bersabda:

روينا في كتب أبي داود والترمذي وابن ماجه عن أبي هريرة رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه وسلم ثلاث دعوات مستجابات لا شك فيهن دعوة المظلوم، ودعوة المسافر، ودعوة الوالد على ولده

“Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah saw bersabda: Ada tiga doa mustajabah yang tidak disangsikan lagi, yaitu doa orang teraniaya, doa orang dalam perjalanan, dan doa orang tua untuk anaknya,” (HR Abu Dawud, At-Tirmiżi, dan Ibnu Majah).

Untuk itu, Islam menganjurkan kita untuk berdoa kepada Allah agar tidak menemukan kesulitan dalam perjalanan yang akan ditempuh.

Baca Juga: Menghitung Hari Jelang Lebaran, Arus Mudik ke Pelabuhan Merak Terpantau Lancar

Adapun doa kemudahan perjalanan yang berasal dari Nabi Muhammad saw yang dapat dibaca ketika menempuh perjalanan adalah sebagai berikut:

Doa Sebelum Perjalanan jauh

اَللَّهُمَّ بِكَ أَسْتَعِيْنُ، وَعَلَيْكَ أَتَوَكَّلُ، اَللَّهُمَّ ذَلِّلْ لِي صُعُوْبَةَ أَمْرِيْ، وَسَهِّلْ عَلَيَّ مَشَقَّةَ سَفَرِيْ، وَارْزُقْنِيْ مِنَ الخَيْرِ أَكْثَرَ مِمَّا أَطْلُبُ، وَاصْرِفْ عَنِّي كُلَّ شَرٍّ، رَبِّ اشْرَحْ لِيِ صَدْرِيْ، وَيَسِّرْ لِيْ أَمْرِيْ

Latin: Allāhumma bika asta‘īnu, wa ‘alaika atawakkalu. Allāhumma dzallil lī ṣu‘ūbata amrī, wa sahhil ‘alayya masyaqqata safarī, warzuqnī minal khairi mim mā aṭlubu, waṣrif ‘annī kulla ṣyarr, rabbiṣ-raḥlī ṣadrī wa yassir lī amrī.

Artinya: “Ya Allah, kepada-Mu aku memohon pertolongan dan kepada-Mu aku berpasrah. Ya Allah, ringankan kesulitan pada urusanku, mudahkanlah kendala perjalananku, karuniakanlah kebaikan bagiku melebihi apa yang kuminta, palingkanlah segala keburukan dariku. Tuhanku, lapangkanlah hatiku dan mudahkanlah urusanku.”

Demikian doa untuk kemudahan dalam perjalanan. Semoga dengan mengamalkan doa ini, Allah memberikan kemudahan dan keselamatan dalam perjalanan hingga sampai tujuan. Wallahu a’lam.

Baca Juga: Kondisi Arus Mudik di Tol Cikampek Utama Jelang Hari Raya Lebaran, 4 April 2024



Sumber : Kompas TV, Kemenag


BERITA LAINNYA



Close Ads x