Kompas TV religi beranda islami

Tidur Sepanjang Hari saat Puasa Ramadan, Simak Tinjauan Hukum dan Dampaknya

Kompas.tv - 12 Maret 2024, 13:05 WIB
tidur-sepanjang-hari-saat-puasa-ramadan-simak-tinjauan-hukum-dan-dampaknya
Ilustrasi tidur saat menjalankan ibadah puasa Ramadan. (Sumber: bavorndej)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, umat Islam berusaha memaksimalkan waktu untuk beribadah dan mendekatkan diri kepada Allah. Namun, ada kalangan yang memilih untuk tidur sepanjang hari selama puasa dengan berbagai alasan.

Apakah tidur sepanjang hari saat puasa dapat dianggap sebagai ibadah? Bagaimana pandangan Islam terkait praktik ini?

Baca Juga: Baca Niat Puasa Ramadan di Pagi Hari karena Lupa, Apakah Boleh?

Ustaz Muhammad Fathul Arifin, S.Pd dalam tayangan YouTube "Tanya Ustad" Tribunnews, menambahkan bahwa menurut beberapa pakar ulama ushul fikih, tidur sepanjang hari saat berpuasa tidak membatalkan puasa.

Namun, sangat disayangkan jika Ramadan dihabiskan hanya dengan tidur dan mengabaikan kewajiban salat serta ibadah lainnya.

"Beberapa pakar ulama ushul fikih berpendapat tidur seharian ketika berpuasa itu tidaklah membatalkan puasa, namun jika sampai meninggalkan salat dan kewajiban lainnya, maka termasuk perbuatan dosa besar," katanya dikutip dari Tribunnews, Selasa (12/3/2024).

Baca Juga: Jangan Lupa Baca Doa Ini setelah Salat Tarawih dan Witir

Beliau mengutip hadis yang menyatakan bahwa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan pahala selain rasa lapar, dan banyak yang melakukan salat malam tidak mendapatkan apa-apa selain kelelahan.

"Tidur seharian selama bulan Ramadan rasanya sangat disayangkan, yang seharusnya momen Ramadan ini dalam 30 hari kita lakukan untuk beribadah kepada Allah dengan mengerjakan salat, membaca Al-Qur'an dan lain-lain. Tetapi kita hanya rebahan saja di atas tempat tidur, maka itu sangat disayangkan," jelasnya.

Baca Juga: Sudah Imsak Tetapi Lupa Mandi Junub, Apakah Puasa Kita Tetap Sah?

Tidur sepanjang hari saat berpuasa, meskipun tidak secara langsung membatalkan puasa, sangat disayangkan karena dapat mengurangi kesempatan untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui ibadah.

Umat Islam diimbau untuk memanfaatkan bulan Ramadan sebagai kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan, bukan sebagai waktu untuk melarikan diri dari kewajiban dengan tidur berlebihan.

Baca Juga: Jadwal Buka Puasa Ramadan 2024 Hari Ini di Seluruh Indonesia, Berikut Link PDF dari Muhammadiyah


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x