Kompas TV religi beranda islami

Teks dan Bacaan Selawat Asyghil di Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW 2023

Kompas.tv - 28 September 2023, 14:00 WIB
teks-dan-bacaan-selawat-asyghil-di-bulan-maulid-nabi-muhammad-saw-2023
Bacaan arab selawat Asyghil yang sebaiknya dibaca saat bulan Maulid Nabi (Sumber: Dedik Priyanto/Kompas.tv)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Umat Islam di seluruh dunia, terutama di Indonesia, memperingati salah satu momen sakral dalam kalender Islam, yaitu Maulid Nabi Muhammad SAW yang jatuh pada hari ini, Kamis (28/9/2023).

Momen ini menandai hari kelahiran Rasulullah SAW pada tanggal 12 Rabiul Awal di tahun Hijriah.

Maulid Nabi bukan hanya sekedar peringatan, melainkan juga menjadi momentum bagi umat Islam untuk semakin mendalami dan meneladani akhlak mulia dari Nabi Muhammad SAW dalam berbagai lini kehidupannya.

Berbagai cara dilakukan umat Islam untuk mengenang dan mensyukuri jasa-jasa beliau, salah satunya adalah melalui ceramah atau pidato yang bertemakan tentang kehidupan dan keteladanan Nabi.

Baca Juga: Ucapan dan Meneladani Rasulullah di Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 2023

Di Indonesia, salah satu cara yang paling populer dalam memperingati Maulid Nabi adalah dengan melantunkan selawat.

Selawat Asyghil khususnya, menjadi salah satu selawat yang paling disukai dan sering dibaca oleh masyarakat. Di bulan Maulid Nabi, selawat ini kerap berkumandang di masjid, surau, masjid, hingga majelis taklim di seluruh penjuru negeri.

Lebih dalam, tradisi Sunni—yang mayoritas dianut oleh umat Islam di Indonesia—menggunakan Selawat Asyghil dalam rangkaian Istighatsah.

Ritual ini mengajak jemaah untuk bersama-sama menyatakan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, dengan harapan mendapatkan syafaat di akhirat nanti.

Baca Juga: Catat, Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan saat Libur Nasional Maulid Nabi Besok

Selawat Asyghil tidak hanya sekadar ungkapan cinta, tetapi juga menjadi doa bagi umat Islam agar terlindung dari segala bentuk kezaliman dan kejahatan yang mungkin datang dari sisi mana pun.

Teks dan Bacaan Selawat Asyghil

ALLAHUMMA SHOLLI ALA SAYYIDINA MUHAMMAD WA’ASHYGHILIDZ DZOLIMIN BIDZHOLIMIN WA AKHRIJNA MIN BAINIM SAALIMIN WA’ALA ALAHI WASHOHBIBI AJMAIN

Artinya: "Ya Allah, berikanlah shalawat kepada pemimpin kami Nabi Muhammad, dan sibukkanlah orang-orang zalim dengan orang zalim lainnya. Selamatkanlah kami dari kejahatan mereka. Dan limpahkanlah shalawat kepada seluruh keluarga dan para sahabat beliau."

Baca Juga: Cara Membuat Poster Maulid Nabi 2023 di HP dengan Mudah dan Gratis

Semoga di bulan Maulid Nabi ini, kita dapat merenungi makna dari Selawat Asyghil dan semakin mendekatkan diri kepada Allah dan Rasul-Nya.

Semoga kita selalu dalam lindungan-Nya dan mendapat keberkahan di setiap langkah. Amin. Wallahu a’lam.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x