Kompas TV religi khazanah

KH Anwar Iskandar Diputuskan Jadi Ketua MUI Baru Gantikan KH Miftachul Akhyar

Kompas.tv - 16 Agustus 2023, 12:30 WIB
kh-anwar-iskandar-diputuskan-jadi-ketua-mui-baru-gantikan-kh-miftachul-akhyar
Rapat pleno MUI di Hotel Bidakara, Jakarta. (Sumber:mui.or.id)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Rapat Pleno Majelis Ulama Indonesia (MUI) memutuskan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua MUI baru menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri beberapa waktu lalu. 

Namun, Rapat Pleno ini masih harus dilaporkan dalam Rapat Paripurna antara Dewan Pimpinan MUI dengan Dewan Pertimbangan MUI untuk mendapatkan pengesahan.

Rapat Pleno MUI yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Selasa (15/8/2023) kemarin dihadiri oleh seluruh Pimpinan Harian, Dewan Pimpinan (DP) MUI, Ketua serta Sekretaris Komisi, Badan/Lembaga yang ada di DP MUI.

“Tadi sudah diputuskan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar,” ujar Wakil Ketua Umum MUI Buya Basri Bermanda.

Baca Juga: Majelis Ulama Indonesia Serukan Boikot Produk Asal Prancis

Buya Basri mengatakan, agenda dari Rapat Pleno MUI ini hanya memutuskan pengganti dari Ketua Umum MUI, KH Miftachul Akhyar yang telah mengundurkan diri.

Dari keputusan ini, Buya Basri mengatakan, KH Anwar Iskandar akan disahkan sebagai Ketua Umum MUI melalui rapat paripurna yang akan dipimpin langsung oleh KH Maruf Amin sebagai Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Pleno memutuskan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI telah melalui proses yang panjang dan sesuai dengan mekanisme yang ada di MUI.

“Mekanismenya ada rapat pleno untuk memutuskan KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar,” ujarnya.

Bukan orang baru di MUI

Sosok  KH Anwar Iskandar bukan orang baru di MUI, sebab saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Pertimbangan MUI.

Sementara Ketua Organizing Committe (OC) Rapat Pleno DP MUI, KH Rofiqul Umam Ahmad menyampaikan, Rapat Pleno ini merupakan amanat dari hasil rapat pimpinan MUI pada 30 Mei 2023 lalu.

Kiai Rofiq mengatakan, agenda Rapat Pleno adalah memutuskan usulan Dewan Pimpinan MUI yang telah menyepakati nama KH Anwar Iskandar untuk menjadi Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar.


 

Baca Juga: Apakah Menyikat Gigi Membatalkan Puasa atau Tidak? Ini Jawaban Majelis Ulama Indonesia

“Memutuskan bapak KH Anwar Iskandar sebagai Ketua Umum MUI menggantikan KH Miftachul Akhyar yang mengundurkan diri,” kata Rofiq, dikutip dari situs resmi MUI, mui.or.id.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x