Kompas TV religi agama

Libur Iduladha jadi 3 Hari, PP Muhammadiyah Ucapkan Terima Kasih kepada Pemerintah

Kompas.tv - 20 Juni 2023, 15:50 WIB
libur-iduladha-jadi-3-hari-pp-muhammadiyah-ucapkan-terima-kasih-kepada-pemerintah
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti ucapkan terima kasih ke pemerintah terkait libur Iduladha 3 hari. (Sumber: Muhammadiyah.or.id)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sekretaris Umum Pimpinan Pusat (Sekum PP) Muhammadiyah, Abdul Mu’ti menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah yang telah memutuskan libur Hari Raya Iduladha 1444 H menjadi tiga hari.

Sebelumnya diberitakan, pemerintah telah menetapkan Hari Raya Iduladha 1444 H jatuh pada tanggal 29 Juni 2023 dalam sidang isbat yang digelar pada hari Minggu (18/6/2023) lalu.

Perayaan Iduladha yang ditetapkan pemerintah pada sidang isbat dengan metode hisab rukyatul hilal itu berbeda dengan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang salah satunya dipedomani oleh Muhammadiyah.

Sebagaimana diketahui, PP Muhammadiyah telah lebih dulu menetapkan Iduladha jatuh pada tanggal 28 Juni 2023.

Baca Juga: Hore! Libur Iduladha 2023 Resmi Jadi 3 Hari, Tanggal 28 dan 30 Juni Cuti Bersama

Melalui SKB 3 Menteri, pemerintah akhirnya menetapkan bahwa libur Iduladha kini menjadi 3 hari.

Rinciannya yaitu, pada 29 Juni sebagai Hari Raya Iduladha 1444 H, sedangkan untuk 28 dan 30 Juni menjadi hari cuti bersama.

Pihak PP Muhammadiyah pun menyampaikan terima kasih karena usulannya terkait penambahan hari libur Iduladha itu disetujui. 

Pimpinan Pusat Muhammadiyah menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah, khususnya Presiden Jokowi yang telah memenuhi aspirasi Muhammadiyah terkait penambahan libur Idul Adha 28 Juni 2023,” tulis Abdul Mu`ti pada Instagram nya, Selasa (20/6/2023).

Abdul Mu’ti menilai, penambahan hari libur Iduladha 2023 merupakan wujud komitmen pemerintah terhadap konstitusi dan menjamin kemerdekaan masyarakat untuk melaksanakan ibadah.

Dengan tambahan hari libur, umat Islam dapat melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha dengan aman, tenang, dan damai,” tulis dia.

Baca Juga: Jelang Iduladha Harga Kambing Tinggi, Penjualan di Pasar Hewan Ambarketawang Sleman Naik 20 Persen

Cendekiawan Islam Indonesia itu mengimbau kepada warga Muhammadiyah yang merayakan Iduladha pada 28 Juni untuk menjaga kerukunan dan ketertiban umum.

Dia juga mengimbau agar penyembelihan hewan kurban dan pembagiannya dilaksanakan pada tanggal 29 Juni 2023, bersamaan dengan Hari Raya Iduladha versi pemerintah.

Sebagai wujud toleransi dan saling menghormati,” pungkasnya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x