Kompas TV religi agama

Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palu Minta Masyarakat Toleran Hargai Perbedaan Idulfitri 1444 H

Kompas.tv - 21 April 2023, 04:00 WIB
pimpinan-daerah-muhammadiyah-kota-palu-minta-masyarakat-toleran-hargai-perbedaan-idulfitri-1444-h
Arsip. Warga melaksanakan salat Idulfitri atau Idul Fitri di sebuah jalan di Bekasi, Jawa Barat, Senin, 2 Mei 2022. Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kota Palu Mulkus Kisman meminta masyarakat bertoleransi dalam menyikapi perbedaan tanggal Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Deni Muliya

PALU, KOMPAS.TV - Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Palu, Mulkus Kisman meminta masyarakat bertoleransi dalam menyikapi perbedaan tanggal Idulfitri 1444 H atau Lebaran 2023.

Hal tersebut disampaikan Mulkus seiring perbedaan penetapan tanggal Lebaran 2023 antara Muhammadiyah dan pemerintah.

"Kami berharap masyarakat mengedepankan toleransi dan tidak terpecah belah karena perbedaan pelaksanaan hari Lebaran Idulfitri," kata Mulkus dikutip Antara, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga: Muhammadiyah Lebaran Besok, Berikut Daftar Lengkap Lokasi Salat Id 21 April di Jakarta

Mulkus menyatakan, Pimpinan Pusat Muhammadiya (PPM) telah menetapkan awal Lebaran 2023 lebih dulu dengan metode hisab.

Haslinya, Muhammadiyah menetapkan Idulfitri 1444 H jatuh pada Jumat 21 April 2023.

Sedangkan pemerintah menetapkan Idulfitri 1444 H jatuh pada Sabtu 22 April 2023.

Hal tersebut ditentukan melalui sidang Isbat yang dilakukan pada Kamis (20/4/2023).

Meskipun berbeda tanggal Lebaran 2023, Mulkus menyatakan bahwa Muhammadiyah bersikap tasammuh dalam menghadapi perbedaan, saling menghormati dan menghargai terkait perbedaan tersebut.

"Saya berharap seluruh umat Islam khususnya di Kota Palu dapat melaksanakan ibadah dengan baik, aman dan damai," kata Mulkus.

Muhammadiyah Kota Palu telah menyiapkan 14 lokasi salat Ied untuk Jumat (21/4/2023).

Salat Ied di Palu akan digelar di halaman Masjid Al-Falah di Pengawu, halaman Masjid Al-Haq di Kelurahan Besusu Tengah, halaman Masjid Al-Amin di Kelurahan Bumi Bahari.

Kemudian di Lapangan Sepak Bola Mini di Kelurahan Nunu, halaman Masjid Darul Arqam di kompleks Muhammadiyah Boarding School (MBS) Kelurahan Lere, halaman Masjid Amir Al-Mukminin di Kelurahan Tanamodindi, halaman Masjid Al-Muhajirin di Kelurahan Petobo.

Salat Ied juga dilaksanakan di halaman Masjid Al-Munawwarah di Kelurahan Ujuna, Kompleks Masjid At-Tauhid di Jalan Soekarno-Hatta, Kompleks Panti Asuhan Fatimatuzzahra di Kelurahan Mamboro, halaman Masjid Al-Ikhwan di Kelurahan Birobuli Selatan, halaman Masjid Al-Kautsar di Kelurahan Silae, halaman Rektorat Universitas Muhammadiyah Palu dan kompleks Pelabuhan Pantoloan.

Baca Juga: Lebaran 2023, Ridwan Kamil bakal Laksanakan Salat Id di Masjid Raya Al Jabbar, Tak Gelar Open House




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x