Kompas TV religi beranda islami

Doa Puasa Ramadan Hari Keempat, Diberi Manisnya Ibadah dan Selalu Dijaga oleh Allah SWT

Kompas.tv - 26 Maret 2023, 05:35 WIB
doa-puasa-ramadan-hari-keempat-diberi-manisnya-ibadah-dan-selalu-dijaga-oleh-allah-swt
Fpto ilustrasi orang berdoa dan bertasbih. Ini merupakan doa puasa Ramadan hari keempat (Sumber: Tribun Timur)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Puasa Ramadan 2023 terasa begitu cepat dan kini sudah memasuki tanggal 4 Ramadan 1444 Hijriah. Artinya, umat Islam sudah memasuki fase 10 hari pertama Ramadan yang penuh denga keberkahan. 

Di bula suci ini, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, zikir, doa dan melakukan pelbagai amalan puasa Ramadan.

Rasulullah SAW bersabda: "Telah datang Bulan Ramadan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat itu pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada bulan itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan." (HR. Ahmad)

Lantas, kapan dibaca doa puasa Ramadan ini?

Pada dasarnya, doa puasa ini bisa dibaca saat usai salat tarawih, pada pagi hari atau usai salat wajib lima waktu sebagai upaya untuk mendapatkan berkah di bulan suci Ramadan 1444 H.

Namun, ada waktu doa yang baik di bulan Ramadan. Yaitu ketika waktu sahur maupun saat malam hari (Qiyam Ramadan) dengan salat tahajud maupun witir, atau waktu fajar tiba. 

Doa puasa Ramadan hari keempat ini dikutip dari Kementerian Agama berisikan permohonan agar diberi kenikmatan ibadah, serta senantiasa diri kita dan keluarga dijaga oleh Allah SWT. 

Baca Juga: Kisah Qais bin Shirmah, Sahabat Nabi yang Pingsan Waktu Puasa Ramadan

Doa Puasa Ramadan hari Keempat 

Doa puasa Ramadan hari keempat (Sumber: Kompas TV)

 

Latin: allahumma qawwinii fiihi ‘alaa iqoomati amrika, wa adziqnii fiihi halaawata dzikrika wa audzi’nii fiihi li adaai syukrika bikaramika wahfazhnii fiihi bihifzhika wa sitrika yaa absharan-naazhiriin

Artinya : Ya Allah! Mohon berikanlah kekuatan kepadaku, untuk menegakkan perintah-perintah-MU, dan berilah aku manisnya berdzikir mengingat-MU.

Mohon berilah aku kekuatan untuk bersyukur kepada-MU, dengan kemuliaan- MU.

Dan jagalah aku dengan penjagaan-MU dan perlindungan-MU, Wahai dzat Yang Maha Melihat

Semoga Allah SWT senantiasa memberi berkah atas segala ikhtiar kita di bulan Ramadan ini. Amin. Wallahu a'lam. 


 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.