Kompas TV religi beranda islami

Daftar Golongan Manusia yang Dijumpai Nabi Muhammad dalam Isra Miraj, Ada Siksaan dan Berbau Harum

Kompas.tv - 18 Februari 2023, 08:45 WIB
daftar-golongan-manusia-yang-dijumpai-nabi-muhammad-dalam-isra-miraj-ada-siksaan-dan-berbau-harum
Ini 4 keindahan tempat dalam Isra Miraj Nabi Muhammad, bikin takjub (Sumber: Facebook Kementerian Agama RI)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Isra Miraj 2023 jatuh pada hari ini, Sabtu (18/2/2023) atau bertepatan dengan 27 Rajab 1444 Hijriah.

Ada banyak peristiwa besar dalam momen ini, termasuk ketika Nabi Muhammad SAW bertemu dengan sejumlah golongan manusia ketika perjalanan tersebut. 

Adapun Isra Miraj adalah perjalanan Rasulullah sampai ke langit ketujuh, sampai ke Sidratul Muntaha dan merupakan mukjizat Nabi Muhamlad.

Ustaz Alvin Nur Choroni, Lc di laman resmi NU menjelaskan, perjalanan Isra Miraj adalah perjalanan keilmuan dan penempaan mental untuk Nabi Muhammad dan secara khusus Allah SWT memberikan waktu bertemu pelbagai macam golongan manusia.


 

Ustaz Alvin lantas mengutip, Syekh Najmudin Al-Ghaithi dalam kitab Dardir Miraj tentang perjalanan Isra Miraj beliau ini dan bertemu dengan umat manusia bermacam-macam.

Digambarkan, Nabi Muhamamd dalam perjanan Isra Miraj melihat banyak orang disiksa, namun ada juga yang berbau harum lantaran amal perbuatan yang dibuatnya.

Baca Juga: Kisah Lengkap Isra Miraj, Perjalanan Rasulullah ke Langit Ketujuh dan Perintah Salat 5 Waktu

Berikut ini adalah daftar golongan-golongan umat manusia yang dijumpai Nabi Muhammad saat peristiwa Isra Miraj.

  1. Orang-orang yang gemar bersedekah. Nabi melihat mereka menanam, lalu tumbuh lagi, terus menerus. Itu ganjaran amal mereka di dunia. 
  2. Orang-orang yang senantiasa berpegang teguh pada agama Allah. Baunya harum. 
  3.  Pemalas mengerjakan shalat fardhu dan mendapatkan sisksaan. 
  4.  Orang-orang yang enggan bersedekah. 
  5.  Pezina. Kelompok orang ini digambarkan pada saat itu seperti orang yang menggenggam daging empuk dan daging busuk.
  6. Para perampok atau pembegal. Nabi Muhammad SAW melihat golongan ini seperti kayu yang berada di tengah jalan, saat ada orang yang melewati jalan tersebut, orang itu terbakar karena kayu itu.
  7.  Pemakan harta riba. Nabi SAW menyaksikan perumpamaan golongan ini seperti orang yang berenang di sungai yang penuh darah.
  8. Rakus jabatan. Digambarkan, Nabi SAW melihat golongan orang memikul kayu bakar di pundaknya. Orang-orang yang termasuk golongan ini masih terus menambah kayu bakar yang dipikulnya walaupun sebenarnya mereka tidak kuat memikulnya.
  9.  Para dai yang tidak mengamalkan ucapannya
  10. Para pengumpat. Nabi SAW melihat golongan orang yang berkuku panjang dan terbuat dari tembaga. Mereka mencakar-cakar muka mereka dengan kuku tersebut. Menurut Jibril, mereka adalah orang-orang yang mengumpat perbuatan orang lain, namun mereka melakukan perbuatan tersebut.
  11. Provokator. Ustaz Alvin menjelaskan, ketika itu Nabi SAW melihat sebuah lubang kecil dan keluarlah seekor sapi yang besar dari lubang tersebut. Sapi itu tidak mampu kembali masuk ke lubang tersebut karena terlalu besar. Menurut Jibril, hal itu adalah perumpamaan bagi umat Nabi Muhammad yang melakukan provokasi sehingga menimbulkan masalah yang besar. Saat tersadar akan ulahnya, ia tidak mampu menyelesaikan masalah besar tersebut.

Baca Juga: Amalan Isra Miraj, Dilengkapi Doa Nabi Muhammad agar Panjang Umur dan Barakah

Baca Juga: 5 Tradisi Peringatan Isra Miraj di Indonesia, dari Rajaban hingga Ambengan

Wallahu a’lam



Sumber : Kompas TV/NU Online


BERITA LAINNYA



Close Ads x