Kompas TV religi beranda islami

Pengertian, Keutamaan dan Luasnya Makna Sedekah

Kompas.tv - 15 November 2022, 20:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Ada amalan atau ibadah yang harus dilakukan dan terlihat, amalan tersebut memiliki pahala yang besar. Namun, jangan lupa bahwa ada pula amalan yang sebaiknya untuk disembunyikan. Amalan tersebut adalah sedekah.

Sedekah adalah salah satu amalan yang ada di dalam agama Islam. Sedekah juga sebaiknya tidak diumbar-umbar. Meskipun akan membagi sebagian dari harta kita, tetapi melalui sedekah kita akan mendapat banyak manfaat.

Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW bersabda bahwa “Setiap orang berada di bawah naungan sedekahnya (pada hari kiamat) hingga diputuskan di antara manusia atau ia berkata: “Ditetapkan hukuman di antara manusia.” Yazid berkata: “Abul Khair tidak pernah melewati satu hari pun melainkan ia bersedekah kepadanya dengan sesuatu, walaupun hanya sepotong kue atau bawang merah atau seperti ini.” Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi, Al-Hakim dan Ibnu Khuzaimah).

Di dalam Al-quran surat Al-Baqarah menjelaskan “Barang siapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik, maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan rezeki dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan”, pada ayat 245.

Dari Abu Hurairah RA Rasulullah SAW bersabda: “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun dua malaikat. Lalu salah satunya berkata, ‘Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya’, sedangkan yang satunya lagi berkata, ‘Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil).'”. di dalam hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim.

Setiap muslim, dalam spirit taat kepada Allah dan peduli kepada sesama, dianjurkan senantiasa menanam kebajikan dengan berbuat baik bagi kepentingan sesama sebagai sarana yang mengantarkan  kepada kebahagiaan dunia dan akhirat.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x