Kompas TV religi beranda islami

Dalam Keadaan Apapun Shalat Jangan Ditinggalkan

Kompas.tv - 9 November 2022, 22:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Ibadah shalat adalah ibadah yang agung. Ia juga merupakan ibadah yang urgen dan penting untuk senantiasa di jaga. Di sisi lain, banyak pula keutamaan-keutamaan dari ibadah shalat. Maka dengan begitu tingginya kedudukan shalat dalam Islam, meninggalkan ibadah ini pun berat konsekuensinya.

Sesibuk apapun bentuk pekerjaan yang dlakukan, jangan sampai lupa atau pun lalai dalam melaksanakan shalat fardhu atau shalat wajib lima  waktu, yakni shalat subuh, dzuhur, ashar, maghrib dan isya’.

Kemudian, shalat  merupakan  satu-satunya  Rukun  Islam  yang  perintah  kewajibannya disampaikan  secara  langsung  oleh  Allah kepada Nabi Muhammad secara langsung melalui peristiwa bersejarah  Isro’ Mi’roj. Perintah langsung  tentang shalat ini  memiliki  kedudukan  yang  sangat  vital    dan  fatal  bagi  setiap muslim  dalam kaitannya dengan hari kemudian dan hari ini.

Tentang shalat ini Nabi Muhammad bersabda;'Pokok segala perkara itu adalah Al-Islam dan tonggak Islam itu adalah shalat, dan puncak Islam itu adalah jihad di jalan Allah." (HR. Ahmad, At-Tirmidzi dan lainnya, hadits shahih).

Juga berdasarkan hadits Rasulullah SAW kepada Imran bin Husain tatkala dia mengadukan kepada Rasulullah SAW tentang penyakitnya, maka beliau berkata: 

"Sholatlah kamu dengan berdiri, jika tidak mampu, maka duduklah, maka jika tidak mampu, hendaknya berbaring."  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x