Kompas TV religi beranda islami

Tidak Semua Doa Dikabulkan di Dunia, Jangan Menyerah!

Kompas.tv - 2 November 2022, 20:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Berdoa menjadi sebuah kegiatan yang dilakukan ketika seorang hamba ingin meminta sesuatu kepada Allah SWT. Melantunkan doa harus dibarengi dengan kekhusyukan dan niat yang bersungguh - sungguh. 

Setiap kali berdoa, pastinya semua orang memiliki harapan doa kita bisa segera dikabulkan. Manusia hanya bisa berusaha dan berdoa, sedangkan Tuhan yang memutuskan hasil akhirnya. Namun ada kalanya permintaan dalam doa yang kita panjatkan tidak segera dikabulkan Allah SWT.

Hal pertama yang harus kamu siapkan saat menghadapi kondisi ini adalah tidak berburuk sangka terhadap ketetapan Sang Khalik. Manusia sudah sepantasnya tak menyerah di saat harapan belum terwujud.

Rasulullah SAW sendiri juga pernah bersabda bahwa Allah SWT akan mengabulkan doa dari setiap muslim. Hal ini dijelaskan Imam an-Nawawi dalam Kitab Al-Adzkar. Ia meriwayatkan dalam Sunan At-Tirmidzi dari Ubbadah bin Ash-Shamit bahwa Rasulullah SAW bersabda,

"Di muka bumi ini tidak ada seorang muslim yang berdoa kepada Allah dengan suatu doa, melainkan Allah memberikannya, atau Allah memalingkannya dari keburukan semisalnya, selama dia tidak berdoa dengan dosa atau memutus tali silaturahmi." Seorang lelaki berkata, "Kalau begitu kita memperbanyak doa." Rasulullah SAW bersabda, "Allah lebih memperbanyak mengabulkan." (HR At Tirmidzi dan ia mengatakan hadits ini hasan shahih).

Sebenarnya ada beberapa penjelasan kenapa tidak semua doa dikabulkan segera oleh Allah SWT. Yang terpenting seorang hamba haruslah berpikiran positif terhadap segala ketentuan Allah SWT. Sebagai manusia kita tidak mengetahui rencana Allah yang bisa jadi lebih baik lagi bagi hamba-Nya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x