Kompas TV religi beranda islami

Amalan Doa Pelancar Rezeki, Dibaca Saat Keluar Rumah

Kompas.tv - 2 September 2022, 12:20 WIB
amalan-doa-pelancar-rezeki-dibaca-saat-keluar-rumah
Ilustrasi rezeki yang tumbuh. Baca doa pelancar rezeki ini dari kitab Adzkar Imam Nawawi (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam kitab Adzkar Imam Nawawi disebutkan sebuah doa pelancar rezeki. Doa ini merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dari riwayat Ibnu Umar. Dibaca ketika berada di luar rumah mencari rezeki halal. 

Lewat doa ini, kita berharap kepada Allah untuk membuka pintu-pintu rezeki di luar rumah.

Selain itu, juga memohon kepada-Nya untuk memberikan ketenteraman batin di tengah kondisi finansial yang mungkin sedang tidak bagus.

Lewat sebuah hadis, Nabi mengingatkan tentang rezeki dan kenapa manusia harus ikhtiar menjemput rezeki tersebut.

Dari Umar bin Khattab RA, ia berkata, "Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Jika kalian bertawakkal kepada Allah dengan sebenar-benarnya, niscaya Allah akan memberikan rezeki kepada kalian seperti seekor burung, pagi-pagi ia keluar dari sarangnya dalam keadaan lapar dan pulang di sore hari dalam keadaan kenyang," (HR. Ahmad dan Turmudzi)

Satu hal yang perlu diberi catatan, tiap doa juga harus diikuti dengan ikhtiar sungguh-sungguh dan tidak boleh diam begitu saja.

Baca Juga: Tiga Petunjuk Alquran agar Rezeki Tidak Seret, Namun Sering Diabaikan

Doa Pelancar Rezeki

Doa Pelancar Rezeki (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

.

Bismillâhi ‘ala nafsî wa mâlî wa dînî. Allâhumma radhdhinî bi qadhâ’ika, wa bârik lî fîmâ quddira lî hattâ lâ uhibba ta‘jîla mâ akhkharta, wa lâ ta’khîra mâ ‘ajjalta.

Artinya: Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan-Mu.

Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang Kautunda dan enggan menunda apa yang Kausegerakan.

Itulah doa pelancar rezeki yang bisa kita amalkan. Semoga Allah meridai segala ikhtiar kita mencari rezeki. Amin. Wallahu a'lam. 

Baca Juga: Baca Doa Ini Saat Bayar Utang, Agar Rezeki Mengalir Deras dan Berkah

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x