Kompas TV religi beranda islami

Kapan Malam Nisfu Syakban Tahun 2022? Berikut Amalan yang Bisa Dilakukan

Kompas.tv - 15 Maret 2022, 12:54 WIB
kapan-malam-nisfu-syakban-tahun-2022-berikut-amalan-yang-bisa-dilakukan
ilustrasi berdoa. Di bawah ini merupakan waktu malam Nisfu Syakban (Sumber: Pixabay/Mohamed_hassan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapan malam Nisfu Syakban 1443 H atau Nisfu Syakban tahun 2022 tiba? Lajnah Falakiyah PBNU secara resmi menetapkankan  terjadi pada Kamis, 17 Maret 2022. 

Bulan Syakban 1443 Hijriah sendiri mulai tanggal 4 Maret 2022. Bulan Rakjab adalah bulan istimewa dalam Islam karena sebagai penanda datangnya bulan Ramadan.

Selain itu, pada bulan Syakban banyak peristiwa penting bagi umat Islam. Salah satunya adalah soal pindahnya kiblat Umat Islam, dari Baitul Maqdis di Yerussalem ke Kakbah di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi. 

Malam Nisfu Syakban sendiri terjadi pada pertengahan bulan Syakban. Syakban secara bahasa artinya setengah. Artinya, malam nisfu Syakban terjadi pada pertengahan bulan Syakban.

Malam Nisfu Syakban menjadi istimewa karena merupakan malam diangkatnya amalan ke langit. Ada banyak amalan, mulai dari baca Yasin, zikir dan wirid. 

"Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dalam kitabnya, Madza fis Sya’ban menyebutkan tiga amalan berikut ini untuk nisfu syakban," tutur Ustaz Alvin Nur Choironi, Lc. M.A dalam catatannya di situs resmi NU, KOMPAS TV sudah dapat izin mengutipnya.  

Baca Juga: Bulan Syakban: Niat Puasa, Keutamaan, dan Doa, Lengkap dengan Waktu Nisfu Syakban 1443 Hijirah

3 Amalan Nisfu Syakban 

Pertama, memperbanyak membaca doa.

Anjuran ini didasarkan pada hadits riwayat Abu Bakar dari Rasulullah SAW, “(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam nisfu Syakban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” (HR Al-Baihaqi).

Baca Juga: Doa Bulan Syakban Arab, Latin, dan Terjemahan Lengkap dengan Waktu Terbaik

Kedua, memperbanyak kalimat syahadat. 

Bisa juga dilakukan sebagai zikir.  Dua kalimat ini sangat baik dibaca kapan pun dan di mana pun terlebih lagi pada malam nisfu Syakban.

Sayyid Muhammad bin Alawi mengatakan, “Sebaiknya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syakban dan malam pertengahannya.”

Ketiga, memperbanyak istighfar.

Tidak ada satu pun manusia yang bersih dari dosa dan salah. Istigfar adalah salah satu ikhtiar untuk mengahapus itu. Allah SWT senantiasa membuka pintu ampunan kepada siapa hamba-Nya. 

Oleh karena itu, meminta ampunan ini sangat dianjurkan, terlebih lagi pada malam Nisfu Syakban.

Itulah beberapa amalan malam Nisfu Syakban. Semoga kita semua mendapatkan berkah di bulan istimewa ini. Amin.

Wallahu a'lam.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x