Kompas TV religi beranda islami

Wajib Diketahui, Bocoran Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat

Kompas.tv - 4 Maret 2022, 07:22 WIB
wajib-diketahui-bocoran-waktu-mustajab-doa-di-hari-jumat
Foto ilustrasi berdoa. Ada waktu mustajab doa di hari jumat, simak waktu terbaiknya (Sumber: Istimewa/Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa di hari Jumat. Ketika seseorang memanjatkan doa di waktu ini, menurut para ulama akan lebih mudah dikabulkan.

Lantas apa makna mustajab itu?

Mustajab adalah waktu-waktu yang disarankan untuk berdoa atau istijabah. Maknanya sendiri dikabulkan. Karena di waktu-waktu tersebut oleh para ulama disebut sebagai waktu terbaik bagi muslim untuk memanjatkan doa dan potensi dikabulkannya besar.

Jumat adalah berkah. Bahkan, termaktub dalam kitab suci umat Islam, sebuah surat bernama surah Surat Al-Jumuah.

Firman Allah SWT:Hai orang-orang yang beriman, apabila diseru untuk menunaikan salat pada hari Jumat, maka bersegeralah kamu untuk mengingat Allah. (Al-Jumu'ah: 9).

Dalam sebuah hadis Nabi dijelaskan tentang waktu terbaik di hari Jumat untuk memanjatkan doa atau keinginan kepada Allah. Hadis itu diriwayatkan oleh sahabat Nabi Abu Hurairah RA.

Pada hari itu terdapat waktu yang tidaklah seorang Muslim menemuinya dalam keadaan beribadah seraya ia meminta kepada Allah sesuatu hajat, kecuali Allah mengabulkan permintaannya.' Rasulullah Saw memberi isyarat dengan tangannya bahwa waktu tersebut sangat sebentar. (HR al-Bukhari).

Lantas, kapan waktu mustajab doa di hari Jumat?

Pada Jumat berkah, ada beberapa waktu oleh para ulama disebut mustajab.  Misalnya, pagi hari saat Jumat atau waktu salat Dhuha. Tapi, dua waktu berikut ini dianggap paling mustajab, jadi jangan terlewat.

Baca Juga: Doa Salat Duha Arab Latin, Lengkap dengan Tata Cara dan Keutamaan Melancarkan Rezeki

Dua Waktu Mustajab Doa di Hari Jumat

Waktu Duduk di antara dua Khutbah

Waktu ini begitu singkat. Ketika khutbah duduk di antara dua khutbah di salat jumat, itu waktu mustajab doa. Maka, khususnya laki-laki yang salat Jumat, jangan sampai terlewat waktu mustajab ini. 

Mustajab Doa, Usai Salat Asar

Hal ini berdasarkan hadis Nabi tentang waktu paling mustajab untuk doa di hari Jumat, waktu itu juga Cuma sebentar.

‘Pada hari Jumat terdapat dua belas jam (pada siang hari), di antara waktu itu ada waktu yang tidak ada seorang hamba muslim pun memohon sesuatu kepada Allah melainkan Dia akan mengabulkan permintaannya. Oleh karena itu, carilah ia di akhir waktu setelah ‘Ashar.’[HR. Abu Dawud]

Itulah waktu-waktu mustajab dalam doa. Semoga kita tidak melewatkannya dan Allah SWT mengabulkan doa kita di waktu mustajab ini. Amin.

Wallahu 'alam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x