Kompas TV religi beranda islami

3 Sayuran yang Disebut dalam Alquran dan Tumbuh Subur di Indonesia

Kompas.tv - 1 Maret 2022, 16:04 WIB
3-sayuran-yang-disebut-dalam-alquran-dan-tumbuh-subur-di-indonesia
Sayuran dan buah-buahan sehat penuh nutrisi dan membantu menurutkan berat badan. Ada beberapa sayuran yang ternyata ada dalam Alquran dan tumbuh subur di Indonesia, apa saja? (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebagai negeri tropis, Indonesia kaya dengan pelbagai macam tumbuhan dan sayuran. Termasuk beberapa sayuran yang disebutkan dalam Alquran. Apa saja itu?

Dalam kitab suci Alquran, paling tidak, ada empat jenis sayuran yang disebutkan. Sayuran ini disebutkan dalam surat Al-Baqarah ayat 61 dan memiliki kisah yang erat dengan Nabi Musa AS.

Al-Baqarah adalah surat kedua jika kita membuka Alquran, setelah surat Alfatihah. Surat ini rdiri dari 286 ayat. Firman Allah SWT, yang artinya:

 Dan (ingatlah), ketika kamu berkata, “Wahai Musa! Kami tidak tahan hanya (makan) dengan satu macam makanan saja, maka mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk kami, agar Dia memberi kami apa yang ditumbuhkan bumi, seperti: sayur-mayur, mentimun, bawang putih, kacang adas dan bawang merah.(QS Al-Baqarah ayat 61)

Sayuran ini ternyata memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Pantas saja, diabadikan dalam Alquran dan tumbuh subur di banyak daerah di Indonesia. 

Baca Juga: Doa Nabi Muhammad, Perbanyak Baca saat Isra Miraj agar Umur Dipanjangkan Allah SWT

3 Sayuran dalam Alquran, Tumbuh Subur di Indonesia

Mentimun

Menyebut sayur ini tentu saja tidak lepas dari kebanyakan orang Indonesia yang gemar akan lalapan. Mentimun juga disebutkan dalam Alquran dan berisisan dengan kisah Nabi Musa.

Khasiat sayur yang kerap dimakan bersama sambel ini banyak, mulai dari menjaga kesehatan tulang hingga membuat tubuh selalu terhidrasi.

Bawang Putih

Bawang putih juga salah satu jenis sayuran/rempah yang disebut dalam Alquran. Bawang putih juga banyak sekali tumbuh di Indonesia.

Khasiatnya selain untuk bumbu utama masakan, juga dapat mencegah penyakit jantung hingga kolesterol

Bawang Merah

Bawang merah dan bawah putih laiknya dua sejoli bagi masyarakat Indonesia.  Bawang merah juga subur di Indonesia dan relatif mudah didapatkan.

 Bahkan tak jarang pekarangan rumah-rumah di sekitar juga menanam bawang merah yang juga tercatat dalam Alquran ini. 

Khasiat bawang putih juga banyak, mulai dari memperlancar aliran darah hingga bisa mengurasi risiko jantung. Namun, bagi orang Indonesia bawang merah tentu paling enak sebagai bahan untuk sambel dan ragam masakan lainnya.

itulah tiga sayuran yang tercatat dalam Alquran dan sungguh beruntung ternyata muda didapatkan di Indonesia. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x