Kompas TV religi beranda islami

Manfaat Selawat Ummi, Pahalanya Setara Ibadah 80 Tahun

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 08:09 WIB
manfaat-selawat-ummi-pahalanya-setara-ibadah-80-tahun
Ilustrasi zikir. Ini merupakaan bacaan selawat Ummi, jangan sampai ketinggalan memanjatkannya saat hari jumat (Sumber: TribunStyle)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dikisahkan tentang sebuah selawat memiliki keutamaan yang melimpah, setara pahala 80 tahun. Nama selawat disebut dengan nama "Selawat Ummi".

"Selawat Ummi" ini baiknya sering dibaca oleh seorang muslim. Jika baca selawat ini, selain berpahala ibadah, Allah SWT akan mengampuni dosa orang-orang tersebut.

Dari Abu Harairah mendengar Rasulullah bersabda: Barangsiapa yang berselawat kepadaku hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun.

Ada yang bertanya kepada beliau, 'Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara berselawat kepada engkau?' Beliau menjawab, 'Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali'. 

Di beberapa masjid, khususnya di Jabotabek, "selawat ummi" ini juga sering dikumandangkan bersama sambil menunggu datangnya azan salat Jumat dan naiknya khatib ke mimbar dalam masjid. 

Baca Juga: Dua Zikir Asmaul Husna, Panjatkan sebagai Wirid Memudahkan Rezeki

Bacaan Selawat Ummy

Teks selawat Ummi (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy

Artinya: Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada baginda Nabi Muhammad yang ummi beserta keluarganya.

Kapan Waktu Terbaik Selawat Ummi di Jumat?

Pada dasarnya, hari jumat itu hari yang begitu baik dalam Islam. Dan selawat ini bisa dilakukan di waktu kapan saja di hari jumat berkah yang istimewa tersebut.

Pada hari jumat dikenal juga istilah saatujul ijabah yang bermakna waktu-waktu terbaik ketika doa dipanjatkan, maka Allah SWT akan mengabulkannya.  Sebuah waktu bagi umat Islam untuk mengisi dengan doa.

Dalam hadis disebutkan, Rasulullah mengaitkan waktu sempit di hari Jumat sebagai waktu terbaik untuk berdoa. Yakni waktu jelang salat jumat, lebih khusus lagi saat duduk di antara dua khutbah waktu salat jumat.

Namun, pada dasarnya dimulai sedari pagi hingga habisnya waktu Jumat tersebut. 

Semoga kita bisa mendapatkan berkah di hari jumat lewat selawat ummi ini. Amin. Wallahu a'lam. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x