Kompas TV religi beranda islami

Tidur Pagi Penghalang Rezeki, Ini Sebabnya Berdasarkan Hadis Nabi Muhammad

Kompas.tv - 25 Februari 2022, 06:04 WIB
tidur-pagi-penghalang-rezeki-ini-sebabnya-berdasarkan-hadis-nabi-muhammad
Ilustrasi tidur. kalau pagi hari sebaiknya jangan tidur lagi. Ini sebabnya menurut hadis Nabi Muhammad (Sumber: HaticeEROL/Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tidur pagi, khususnya usai salat subuh, tidak dianjurkan dalam Islam. Hal ini berdasarkan hadis Nabi Muhammad tentang terputusnya rezeki akibat tidur. 

Larangan ini pada dasarnya berupa anjuran untuk senantiasa bergegas ketika pagi tiba. Bukan malah menarik selimut. ini seperti pepatah ‘tidur pagi bikin rezeki dipatok ayam’.

Sebuah pepatah yang mengingatkan bahwa ketika pagi tiba, maka sebaiknya diisi dengan aktivitas yang lebih bermanfaat.

Dalam hadis riwayat Abu Dawud disebutkan tentang sebuah kebiasaan yang dilakukan oleh Nabi Muhammad waktu pagi tiba.

Nabi Muhammad ketika pagi tiba, baik sebelum dan usai Subuh, melakukan banyak aktivitas. Baik itu aktivitas ibadah seperti zikir maupun doa, maupun mengisi kegiatan setelahnya untuk aktivitas duniawi seperti bekerja ataupun untuk umat.

Umat Islam selayaknya meniru hal baik tersebut. Untuk itulah, sebaiknya usai salat subuh umat Islam  bisa meniru (uswah) beliau ketika waktu pagi hari tiba dengan memperbanyak kebaikan. 

Jika aktivitas zikir, mengaji dan semacamnya itu semua selesai dilakukan, maka segeralah melakukan akvititas lain, apa pun di pagi itu.

Kenapa? Sebab, pada pagi hari Allah menurunkan banyak keutamaan dan kebaikan bagi seluruh hambanya.

Maka, bila hamba tersebut mau bergerak, melakukan kegiatan yang bermanfaat, orang tersebut bakal mendapatkan kebaikan bagi dirinya dirinya. 

Baca Juga: Doa Nabi Muhammad untuk Melancarkan Rezeki, Bacalah Mulai Pagi Hari

Tidur Pagi Memutus Pintu Rezki

Lantas, apa sih yang dimaksud dengan memutus rezeki?

Rezeki ini bermakna banyak hal. Bisa jadi ia akan berpotensi rugi dalam bisnis maupun kehilangan kesempatan lain di pagi hari. Bisa juga sesederhana tidak mendapatkan kebaikan pagi hari seperti segar karena memilih tidur di waktu pagi.

Nabi Muhammad bersabda: Tidur pagi itu menghalangi datangnya rezeki. (HR Ahmad dan Baihaqi). 

Dalam hadis lain yang diriwayatkan oleh Abu Dawud, Nabi Muhammad bahkan mendoakan mereka yang bergegas di pagi hari untuk aktivitas. 

Ya Allah, berkahilah untuk umatku dalam kegiatan paginya. Dan apabila Rasulullah mengirimkan pasukan, Rasulullah mengirim sejak pagi-pagi. (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah). 

Itulah alasan di balik kenapa dalam Islam baiknya setelah subuh dilarang untuk tidur.

Semoga kita bisa istiqomah pagi hari melakukan pelbagai aktivitas, apalagi yang disunahkan Nabi Muhammad seperti hadis di atas. Amin. Wallahu a’lam.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x