Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Nabi Sulaiman agar Diberi Kekayaan Melimpah dan Berkah

Kompas.tv - 17 Februari 2022, 06:34 WIB
bacaan-doa-nabi-sulaiman-agar-diberi-kekayaan-melimpah-dan-berkah
Burung pun berikhtiar mencari rezeki tanpa putus asa. Doa Nabi Sulaiman ini adalah ikhtiar agar pengamalnya diberi kekayaan melimpah dan berkah (Sumber: pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini merupakan bacaan Doa Nabi Sulaiman yang bisa kita amalkan.

Doa Nabi Sulaiman ini oleh para ulama diajarkan sebagai salah satu cara ikhtiar batin jika seseorang ingin dalam hidupnya dilimpahi rezeki dan kekayaan yang berkah. 

Berkah ini bermakna, lewat kekayaan maupun rezeki yang diamanahkan kepadanya, ia bisa kian banyak berderma atau beramal kepada sesama, serta lebih banyak syukur dan menolong orang banyak yang kekurangan.  

Ketika seseorang tidak ada kendala dalam persoalan ekonomi, maka sebagai hamba tugasnya hanya satu, yakni ibadah yang fokus. 

Doa Nabi Sulaiman termaktub dalam firman Allah SWT dalam kitab suci Alquran surat Sad di ayat ke-35.

Sad atau Shaad (dalam bahasa Arab) adalah surat ke-38 dalam Alquran. Surah ini terdiri dari 88 ayat dan termasuk golongan surat yang diturunkan di Mekkah (Surah Makiyyah).

Lantas, kenapa harus memanjatkan doa ugar jadi kaya dan berkah lewat Doa Nabi Sulaiman ini?

Satu hal yang harus disadari sejak awal adalah sebagai manusia biasa kita tetap tidak akan bisa meniru sepenuhnya bagaimana Nabi Sulaiman mendapatkan rezeki dan jadi kaya raya hingga hidupnya jadi berkah.

Dalam hikayatnya, Nabi Sulaiman dan kekayaan, serta kerajaan beliau yang dahsyat adalah mukjizat Allah.

Hikayat hidup Nabi Sulaiman tersebut yang penuh dengan keajaiban dan kekayaan yang tiada batas, tapi tetap tidak melalaikan ibadah adalah tolak ukur bagi muslim.

Sebuah pelajaran agar ketika diberi takdir menjadi kaya, justru kekayaaan itu menjadi penguat untuk lebih mengingat Sang Maha Pencipta, bukan justru melalaikan ibadah. 

Beberapa ulama memperbolehkan memakai doa ini sebagai wasilah (perantara) memakai doa-doa yang dipanjatkan oleh para kekasih-Nya yang termaktub dalam Alquran. Termasuk doa Nabi Sulaiman ini.

Rezeki atau kekayaan adalah urusan Allah. Tugas manusia adalah berdoa dan berusaha mencari rezeki halal agar berguna bagi sesama.

Baca Juga: Doa Nabi Musa, Bacalah agar Pekerjaan dan Rezeki Kita Dimudahkan

Doa Nabi Sulaiman

Teks Arab Doa Nabi Sulaiman agar rezeki senantiasa lancar (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Latin: Rabbigfirlii wa hab lii mulkal la yambagi li a adim mim ba'di, innaka antal-wahhab

Artinya: "Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan yang tidak dimiliki oleh siapa pun setelahku. Sungguh, Engkaulah Yang Maha Pemberi.

Semoga Allah senantiasa memberi kekayaan yang berkah kita yang justru lebih menguatkan kita untuk senantiasa berbagi dan terus mengingat-Nya. Amin.

Wallahu a'lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x