Kompas TV religi beranda islami

Doa Nabi Muhammad agar Utang Cepat Lunas, Diajarkan kepada Para Sahabat

Kompas.tv - 4 Februari 2022, 07:30 WIB
doa-nabi-muhammad-agar-utang-cepat-lunas-diajarkan-kepada-para-sahabat
Ilustrasi uang, jika terlilit utang, bacalah doa Nabi Muhammad ini yang diajarkan kepada para sahabat (Sumber: Shutterstock.com)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terjerat utang merupakan hal yang memilukan, para sahabat Nabi Muhammad pun pernah mengalaminya. Doa cepat lunas utang ini diajarkan beliau kepada para sahabat agar masalahnya selesai.

Doa ini bisa jadi salah satu ikhtiar agar terbebas utang yang menjadikan langkah kita terasa berat, piiran tidak tenang dan membuat masalah kian menumpuk.

Lantas, bagaimana utang dalam Islam?

Dalam islam, utang harus dibayar lunas. Jika tidak, maka bisa jadi beban bagi diri dan bisa terbawa sampai ke hari dihitungnya amal kelak. Bahkan, berpotensi doa bisa tidak diterima.

Nabi Muhammad bersabda tentang seorang muslim yang berutang ini dan harus melunasi. Sebab, utang yang tidak terbayar ini bisa jadi akan menjadikan penahan bagi dirinya kelak di hari pembalasan.

Bahkan, kata Nabi Muhammad, tatkala hendak masuk surga meskipun amalnya baik, maka bisa jadi penahan memasuki surga-Nya.

Dari Abu Hurairah RA Rasulullah SAW bersabda, “Jiwa seorang mukmin itu tertahan oleh sebab hutangnya sampai utang  itu dilunasi.”  (Musnad Ahmad).

Selain itu, doa yang diajarkan Rasulullah agar cepat bisa lunas utang ini bisa dijadikan wasilah (perantara) agar utang-utang kita segera lunas dan rezeki kita dilancarkan oleh-Nya.

Waktu terbaik berdoa ini bisa dilakukan di waktu mustajab doa, seperti di hari jumat atau sepertiga malam. 

Baca Juga: Bacaan Doa Nabi Muhammad di Bulan Rajab

Doa Cepat Bayar Utang

Doa pelunas utang yang diajarkan Nabi Muhammad (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Allahumma inni audzubika minal hammi wal hazani wa ‘audzubika minal ‘ajzi wal kasali wa audzubika minal jubni wal bukhli wa audzubika min ghalabatid daini wa qahrir rijali. 

“Ya Allah, saya berlindung kepada-Mu dari kekhawatiran dan kesedihan dan saya berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, serta takut dan kikir, aku berlindung kepadamu semoga dikalahkan dari hutang dan penindasan (HR Abu Dawud).

Satu hal yang harus dipahami, doa ini sebagai ikhtiar batin dan tentu saja kita harus mencari rezeki halal agar utang kita terbayarkan. 

Allah tidak pernah tidur, meminta kepada-Nya adalah jalan terbaik menyelesaikan masalah-masalah kita. Wallahu a'lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x