Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Setelah Hujan agar Mendapatkan Rahmat dan Terhindar Bencana

Kompas.tv - 14 November 2021, 11:36 WIB
bacaan-doa-setelah-hujan-agar-mendapatkan-rahmat-dan-terhindar-bencana
Ilustrasi turun hujan. Bacalah doa setelah hujan ini agar dapat rahmat dan dijaga dari bencana (Sumber: Pixabay/Shafin_Protic)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Di iklim negeri Indonesia yang tropis seperti ini, hujan adalah sebuah keniscayaan. Tak jarang, hujan pun turun beberapa hari dan menimbulkan bencana. Ini terkait kerusakan alam yang juga ditimbulkan oleh manusia.

Padahal, dalam islam, hujan sejatinya adalah rahmat dari Allah SWT. Banyak kebaikan dalam tiap air yang jatuh ke bumi sebagai penanda kebesaran Sang Pencipta.

Untuk itulah, dalam Islam dianjurkan untuk merapalkan doa agar hujan menjadi berkah dan rahmat bagi kita semua. Supaya terhindar dari pelbagai bencana.

Allah SWT berfirman dalam surat An-Nahl ayat 10 tentang hujan sebagai rahmat bagi semesta. Sebuah berkah dari hujan karena membuat alam menjadi tempat yang nyaman bagi penghuninya.

Dialah, Yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebahagiannya menjadi minuman dan sebahagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. (An-Nahl ayat 10).

Selain doa sebagai ikhtiar, kita tentu harus menjaga alam agar hujan tidak menjadi bencana, melainkan menjadi rahmat sebagaimana awal diturunkan dan g belakangan dirusak oleh manusia yang serakah terhadap alam.

Baca Juga: Doa saat Dengar Petir Menggelegar, Bacalah agar Selamat dari Bencana

Doa setelah hujan reda

Doa setelah hujan reda (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Muthirna bi fadhlillahi wa rahmatih.

Artinya: Semoga kita dihujani dengan anugerah dan rahmat Allah.

Semoga hujan yang reda membawa keberkahan dan kebaikan bagi kita semua. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x