Kompas TV religi beranda islami

Amalan Ketika Terjerat Utang, Baca 100 Kali Usai Salat Subuh

Kompas.tv - 1 Oktober 2021, 15:22 WIB
amalan-ketika-terjerat-utang-baca-100-kali-usai-salat-subuh
ilustrasi ketika dompet tidak lagi mampu membayar utang (Sumber: Toufiqu Bharbuiya/unsplash)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Terjerat utang memang sungguh menyiksa. Selain ikhtiar dengan bekerja, ada baiknya melakukan amalan-amalan untuk memudahkan jalan kita untuk melunasi utang ini. Apa amalan itu?

Dosen agama Islam dari Universitas Indonesia, Ustaz Alhafiz Kurniawan, M.Hum, menceritakan sebuah amalan pelunas utang. Kisah ini menarik tentang seorang sahabat Nabi yang terjerat utang hingga ia sukar untuk bisa melunasi.

Suatu ketika, sahabat itu mengadu tentang nasibnya kepada Rasululllah. Ia mengaku hidupnya gelisah, tidur tidak nyenyak dan pikirannya kalut memikirkan utang yang dideritanya.

“Kenapa tidak mengamalkan (bacaan) Sayyidul Istigfar,” kata Rasulullah. Lalu, Rasul pun menganjurkan sahabatnya untuk membaca tasbih di bawah ini:

SUBHANANALLAH WABIHAMDIHI SUBHANALLAHIL ADZIM ASTAGFIRULAH

Artinya: “Mahasuci Allah dan segalap puji bagi-Nya. Mahasuci Allah yang Maha Agung. Aku memohon ampun kepada-Mu”

Lanjutan zikir dan doa dari hadis di atas berbunyi: MIATA MARROTAN. Artinya: 100 kali.

Berdasarkan hadis di atas, berarti kita disarankan untuk mengamalkannya minimal 100 kali secara istiqamah untuk melunasi utang-utang.

Baca Juga: Amalan Sederhana yang Bakal Menolongmu di Hari Kiamat

Selain itu, kita juga harus senantiasa memperbaiki ibadah-ibadah kita. Dari yang dulu ibadah salat bolong-bolong, mulai dibenahi dan jangan lupa minta doakan kepada orang-orang yang terdekat kita. Atau bahkan minta doa ke orang-orang alim dan kita percaya.

Sebab, utang itu risiko besar ketika di akhirat. Bagi muslim, ia adalah salah satu penghambat kelak ketika di akhirat.

“Utang adalah tanggung jawab yang harus diselesaikan selama hidup di dunia. Mengabaikan utang berisiko memberatkan hamba ketika di akhirat kelak,” ujar Ustaz Alhafiz.

Baca Juga: Tiga Amalan yang Dianjurkan Rasulullah untuk Malam Jumat

Untuk itulah, selain ikhtiar duniawi untuk melunasi utang-utang tersebut, kita perlu juga ‘mengetuk’ pintu langit agar jalan kita untuk melunasi utang senantiasa dilancarkan oleh-Nya.

Amalan di atas adalah salah satu ikhtiar untuk melunasi utang tersebut. Semoga Allah senantiasa memudahkan jalan kita. Amin. Wallahu a’lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x