Kompas TV religi beranda islami

Zikir adalah Sedekah, Berikut Penjelasannya

Kompas.tv - 20 September 2021, 16:13 WIB
zikir-adalah-sedekah-berikut-penjelasannya
Ilustrasi seorang yang sedang berzikir dan berdoa (Sumber: freepiki)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Zikir adalah sebuah sedekah bagi seorang muslim. Bagaimana penjelasan di balik ungkapan ini? Apakah ada hubungannya dengan sedekah secara literal?

Penjelasan tentang zikir sebagai sedekah ini termaktub dalam kitab al-Adzkar Nawawi karya Imam Nawawi. Ini merupakan kitab rujukan sejak beradab-abad lalu dan merupakan kitab babon yang berisi doa, zikir dan tuntunan hidup praktis bagi seorang muslim.

Zikir yang dimaksud berisikan kalimat tahmid, tahlil, tasbih dan takbir. Penjelasan tentang zikir adalah sedekah didapat langsung dari Rasulullah SAW lewat kitab Shahih Muslim.

Rasulullah SAW bersabda, ”Di  setiap bagian anggota (tubuh) seseorang di antara kalian di pagi harinya terdapat sedekah. Setiap ucapan tasbih adalah sedekah, setiap ucapan tahlil adalah sedekah, setiap ucapan tahmid adalah sedekah, setiap ucapan takbir (juga) merupakan sedekah.

Menyeru terhadap perkara yang makruf (kebaikan) adalah sedekah, melarang melakukan perbuatan yang mungkar (tercela) juga merupakan sedekah. Tetapi cukup untuk menutupi semua itu, dua rakaat engkau lakukan sebelum salat duha.” (HR. Muslim).

Begitulah penjelasan zikir adalah sedekah yang ternyata tidak jauh di sekitar kita. Saat kita bertasbih, bertahmid, bertahlil dan bertakbir, setiap helaan napas kita adalah sedekah.

Ternyata tanpa harta pun, kita bisa senantiasa bersedekah.

Lafal tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir tersebut adalah:

SUBHANALLAH, WALHAMDULILLAH, LAILAHAILLALLAH, ALLAHU AKBAR

Artinya: Maha suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada Tuhan selain Allah, Allah yang Maha Besar.

Semoga kita senantiasa istikamah dalam berzikir. Sebab zikir adalah jalan yang Allah berikan kepada umat-Nya agar terus mengingat-Nya.

Wallahu a’lam bisshowab.

Baca Juga: Zikir yang Sangat Dibenci Iblis, Gunakanlah Jika Ingin Menang Lawan Mereka

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x