Kompas TV religi beranda islami

Berharap Pahala & Kebaikan

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 20:32 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Ada sebagian ulama yang memiliki keyakinan bahwa jika seseorang beribadah dan berharap balasan akhirat yang Allah janjikan maka ini akan mencacati keikhlasannya.

Meskipun mereka tidak menyebutkan akan batalnya amalan karena maksud semacam ini, namun ada ketidaksukaan jika seseorang punya maksud demikian.

Sebagaimana perkataan yang dikemukakan oleh Robi’ah Al ‘Adawiyah, Imam Al Ghozali dan Syaikhul Islam Ismail Al Harowi yakni,

“Jika aku beribadah pada Allah karena mengharap surga-Nya dan karena takut akan siksa neraka-Nya, maka aku adalah pekerja yang jelek. Tetapi aku hanya ingin beribadah karena cinta dan rindu pada-Nya.” 

Intinya mengatakan bahwa janganlah seseorang beramal karena ingin mengharap pahala, mengharap balasan di sisi Allah, ingin mengharap surga atau takut pada siksa neraka. Ini disebut tidak ikhlas.

Namun jika kita perhatikan kembali pada Al Qur’an dan petunjuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, sungguh pendapat mereka-mereka masih belum tepat.

Dalam Al Qur’an pun disebutkan balasan dari suatu amalan yang mana Allah Ta’ala berfirman,

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan beramal saleh, bagi mereka adalah surga Firdaus menjadi tempat tinggal, mereka kekal di dalamnya, mereka tidak ingin berpindah dari padanya.” (QS. Al Kahfi: 107-108)

Peringatan Allah Ta’ala yang lain adalah firman-Nya,

“Al Qur’an sebagai bimbingan yang lurus, untuk memperingatkan siksaan yang sangat pedih dari sisi Allah dan memberi berita gembira kepada orang-orang yang beriman, yang mengerjakan amal saleh, bahwa mereka akan mendapat pembalasan yang baik.” (QS. Al Kahfi: 2)

Kemudian dalam surat Al Muthaffifin, Allah Ta’ala pun memerintah untuk berlomba-lomba meraihnya,

“Dan untuk yang demikian itu hendaknya orang berlomba-lomba.” (QS. Al Muthaffifin: 26)

 

Wallahu'alam bis shawab

 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x