Kompas TV religi beranda islami

Visi Ayah Dalam Keluarga

Kompas.tv - 28 Juli 2021, 10:34 WIB
Penulis : Agung Pribadi

Peran orang tua sangat menentukan baik-buruk serta utuh-tidaknya kepribadian anak. Untuk itu orang tua pasti akan dimintai pertanggung jawaban di hadapan Allah Azza wa Jalla kelak di akhirat tentang anak-anaknya. Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

Tiada seorangpun yang dilahirkan kecuali dilahirkan pada fithrah (Islam)nya. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani atau Majusi. (HR. al-Bukh ri dan Muslim)

Hadits ini menunjukkan bahwa orang tua sangat menentukan shaleh-tidaknya anak, demikian pula peran Ayah dalam keluarga. Visi seorang ayah amat penting dan berpengaruh bagi setiap keluarga.

Disamping itu anak-anak sebagai penerus keluarga dan istri akan tumbuh sebagaimana apa yang ayahnya biasakan kepada dirinya.

Sehingga sesibuk apapun seorang ayah perlu meluangkan waktu untuk peduli kepada anak-anak dan keluarganya.

Demikian pula orang tua yang membiasakan kelembutan dalam mendidik anak, maka anak insya Allah akan bertutur kata lembut, bersikap hati-hati dan tidak berperangai keras lagi kasar.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam telah mencontohkan kepada kita bagaimana bergaul dan berinteraksi dengan anak kecil yang didasari rasa kasih sayang yang tulus. Anas radhiyallahu anhu menegaskan,

Rasulullah adalah orang yang paling penyayang kepada anak-anak dan keluarga . (Hadits shohih riwayat Ibnu Asakir, Shahih Al-Jami no.4797).

Wallahu'alam bis shawab



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x