Kompas TV religi beranda islami

Surga di Bawah Telapak Kaki Ibu - SAHUR TIME

Kompas.tv - 23 April 2021, 02:04 WIB
Penulis : Luthfan

Seorang ibu juga memiliki peran penting di dalam keluarga, mulai dari mengandung hingga membesarkan anak. Sering terdengar bahwa surga di bawah telapak kaki ibu.

Hal ini memiliki arti bahwa kita semua harus berbakti dan juga menghormati seorang ibu. Seorang ibu memiliki kedudukan tertinggi dalam Islam.

Telah dijelaskan dalam satu hadis dari Abu Hurairah ra berkata : "Seseorang datang kepada Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam dan berkata, 'Wahai Rasulullah, kepada siapakah aku harus berbakti pertama kali?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Dan orang tersebut kembali bertanya, 'Kemudian siapa lagi?' Nabi shalallaahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Ibumu!' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi?' Beliau menjawab, 'Ibumu.' Orang tersebut bertanya kembali, 'Kemudian siapa lagi,' Nabi shalallahu 'alaihi wasallam menjawab, 'Kemudian ayahmu.” (HR. Bukhari).

Dalam hadits tersebut nama ibu diucapkan sebanyak tiga kali dan ayah satu kali. Kiasan surga di bawah telapak kaki ibu adalah perumpamaan bahwa sebagai anak wajib menghormati tiga kali lebih baik kepada ibu. Namun, bukan berarti sebagai anak tidak menghormati ayah.

Dalam bentuk jasa seorang ibu jauh lebih besar pengorbanannya. Ibu bersusah payah ketika melahirkan yang hampir saja menghilangkan nyawanya. Ia juga menyusui dan merawat anaknya.

Betapa banyak sekali pengorbanan dan kebaikan seorang ibu terhadap anak dan menjelaskan bahwa jasa orang tua kepada anak tidak bisa dihitung.

Wallahu'alam bis shawab.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x