Kompas TV religi beranda islami

Indahnya Silaturahmi - SAHUR TIME

Kompas.tv - 21 April 2021, 02:03 WIB
Penulis : Luthfan

Silaturahmi dapat mengantarkan seseorang untuk masuk ke dalam surga dan menyebabkan seorang hamba tidak akan putus hubungan dengan Allah di dunia dan akhirat.

Silaturahmi juga merupakan faktor yang dapat menjadi penyebab umur panjang dan banyak rizki. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.” [Muttafaqun ‘alaihi].

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : “Orang yang menyambung silaturahmi itu, bukanlah yang menyambung hubungan yang sudah terjalin, akan tetapi orang yang menyambung silaturahmi ialah orang yang menjalin kembali hubungan kekerabatan yang sudah terputus.” [Muttafaqun ‘alaihi].

Memutus tali silaturahmi yang paling besar, yaitu memutus hubungan dengan orang tua, kemudian dengan kerabat terdekat dan kerabat terdekat selanjutnya.

Oleh karena itu Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : ”Maukah kalian aku beritahu tentang dosa terbesar di antara dosa-dosa besar?” Beliau mengulangi pertanyaannya sebanyak tiga kali. Maka para sahabat menjawab : ”Mau, ya Rasulullah.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: ”Berbuat syirik kepada Allah dan durhaka kepada kedua orang tua.”

Betapa besarnya dosa ketika durhaka kepada kedua orang tua dan syirik kepada Allah. Lebih parah lagi ketika menyakiti dan memusuhi kedua orang tua secara langsung maupun tidak langsung.

Tetap sambungkanlah tali silaturahmi dan berhati-hatilah dari memutuskannya. Masing-masing dari kita akan menghadap Allah dengan membawa pahala dengan cara menyambung tali silaturahmi atau membawa dosa karena memutus tali silaturahmi.

Wallahu'alam bis shawab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x