Kompas TV regional berita daerah

Ribuan Bayi Penyu Berhasil Lahir Saat Pandemi Corona, Siap Dilepasliarkan

Kompas.tv - 4 Agustus 2020, 11:13 WIB
Penulis : Christandi Dimas

BANTUL, KOMPAS.TV - Tahun 2020 merupakan tahun keberhasilan konservasi tukik atau bayi penyu di Pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta.

Hal tersebut dikarenakan konservasi dapat menghasilkan tetasan telur tukik sebanyak 6.000 butir saat pandemi corona dan siap dilepasliarkan.

Selain wahana wisata pantainya yang sejuk dan indah, Pantai Goa Cemara di Bantul, Yogyakarta, juga memiliki tempat konservasi penyu dan tukik sebagai pendukung wisata edukasi.

Menurut pengelola, satu sarang telur penyu bisa menghasilkan tetasan 70 hingga 100 bayi penyu atau tukik.

Diketahui sementara ini ada sekitar 6.000an telur penyu yang masih dalam proses penetasan dan akan dilepasliarkan ke laut, habitatnya.

Penyu sendiri memiliki peran sebagai pemakan ubur-ubur, yang berarti penyu telah menyelamatkan anak ikan yang kelak akan menjadi sumber mata pencaharian para nelayan.

Di Kabupaten Bantul sendiri terdapat empat pantai sebagai kawasan konservasi penyu, di antaranya Pantai Pelangi, Pantai Goa Cemara, Pantai Samas, dan Pantai Baru.

Jangan lewatkan streaming Kompas TV live 24 jam non stop di https://www.kompas.tv/live agar kamu semua tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x